24 Pasang Sapi Kerap Bersaing Di Festival Karapan Sapi Madura

Pamekasan, Jawa Timur – Sebanyak 24 pasang sapi kerap bersaing dalam perebutan Piala Bergilir Presiden RI 2017 di festival Karapan Sapi Madura yg berlangsung di Stadion Soenarto Hadiwidjojo Pamekasan, Minggu.

“Ke-24 pasangan sapi kerap yg bersaing dalam festival karapan sapi kali ini adalah peraih juara tingkat kabupaten, dari empat kabupaten yg ada di Pulau Madura ini,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pamekasan Akhmad Sjaifudin.

Ajang tahunan warga Madura ini diawali dengan pertunjukan tari kolosal pecot oleh ratusan seniman dan budayawan Madura serta para pelajar di Kabupaten Pamekasan.

Akhmad menjelaskan karapan sapi memperebutkan Piala Bergilir Presiden RI atau “Karapan Gubeng” yaitu puncak pagelaran seni budaya Madura yg biasa digelar setelah musim panen tembakau.

Selain karapan sapi, juga ada kontes kecantikan sapi “sapi sono” serta pagelaran seni budaya Madura dalam acara “Kemilau Madura”.

“Sapi ini, yaitu peliharaan mayoritas masyarakat Madura, dan sapi ini juga yg menginspirasi rakyat Madura melahirkan seni budaya, seperti karapan sapi ini,” Akhmad menjelaskan.

Sejumlah wisatawan dari dalam maupun luar negeri sejak pagi memadati Stadion Soenarto Hadiwidjojo bagi menyaksikan atraksi itu.

Perwakilan negara sahabat serta pelajar dari sejumlah negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura juga ikut menyaksikan karapan sapi.

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin