Awas, Tekanan Darah Tinggi Bisa Rusak Organ Tubuh

Jakarta – Remaja sekalipun seandainya menderita tekanan darah tinggi maka ada resiko organ tubuhnya rusak, terutama jantung dan pembuluh darah.

“Beberapa remaja mungkin memiliki kerusakan organ yg berkaitan dengan tekanan darah,” kata Elaine M Urbina, Direktur di Cincinnati Children’s Hospital, Ohio.

Tekanan darah tinggi pada remaja didefinisikan berdasarkan persentil, bukan tingkat tekanan darah seperti pada orang dewasa.

“Pencitraan pada jantung mungkin berguna untuk kaum muda buat menentukan seberapa agresifnya terapi,” tutur Urbina seperti dilansir laman Indian Express.  

Sebuah studi yg dipresentasikan di depan Dewan Hipertensi American Heart Association (AHA) tahun 2017 di San Francisco dua waktu dahulu memperlihatkan kerusakan organ bahkan di kalangan pemuda bila tekanan darah kurang dari pada persentil ke-80.

Temuan ini juga menunjukkan bahwa ada kerusakan jantung dan pembuluh darah pada kelompok berisiko menengah, yg memiliki tekanan darah pada persentil ke-80 sampai 90 dan kelompok berisiko tinggi, dengan tekanan darah di atas persentil ke-90.

Hipertensi didefinisikan terjadi bila tekanan darah sistolik dan diastolik di atas persentil ke-95 atau 150/100-159/109 mmHg (khusus remaja), berdasarkan macam kelamin, umur, dan tinggi badan pada tiga atau lebih kesempatan pengukuran.

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin