Bens Leo Sebut Keunikan Mendiang Benny Panbers

Jakarta – Pengamat musik Bens Leo yaitu salah satu dari sekian banyak orang yg cukup mengenal band lengendaris Panjaitan Bersaudara (Panbers), terutama sang vokalis, mendiang Benny Panjaitan. 

“Hampir setiap pekan (era 1970-an) aku ada di Jalan Hang Tuah Raya 15, Kebayoran Baru. Itu adalah basecamp-nya Panjaitan Bersaudara. Di sana aku tahu betapa besar nama Benny Panjaitan,” ujar dia kepada ANTARA News di kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa sore.

Menurut Bens, Benny adalah musisi Indonesia yg tak ada bandingannnya. Selain pencipta lagu, Benny juga mengaransemen dan menyanyikan sendiri lagu karya-karyanya.

“Di Koes Plus adalah Toni Koeswoyo, tetapi Mas Toni tak menyanyi. Yang menyanyi adalah Yon, Yok. Kemudian, tak seluruh lagu Koes Plus adalah ciptaan Toni. Kalau di Panbers lebih dari 90 persen, lagu Panbers adalah karya Benny Panjaitan. Dan dia menyanyikan lagunya,” papar Bens.

Pria yg pernah berkutat di dunia jurnalistik itu berkisah soal pertemuannya dengan mendiang Benny beberapa tahun silam. Bens muda yg begitu tertarik pada dunia musik berkeinginan menulis soal Panbers.

“Saya kenal beliau sejak aku awal sekali terjun sebagai jurnalis musik. Dan itu adalah rapat kedua aku dengan musisi, setelah Toni Kuswoyo,” kisah dia. 

“Setelah aku menulis tentang Koes Plus, aku minta dibantu buat mampu melanjutkan perjalanan aku sebagai jurnalis musik, awal. Akhirnya Mas Toni almarhum, merujukan pada Benny Panjaitan. Akhirnya aku wawancara, diterima Bang Benny dengan luar biasa,” sambung Bens.

Hubungan baik dengan Benny dan personel Panbers juga masih terjaga sampai ketika ini. Saat Benny benar-benar dinyatakan tak ada pada pagi ini, Bens lah yg pertama kali dihubungi pihak keluarga Benny. 

“Sampai wafatnya tadi pagi. Mungkin aku wartawan pertama yg dikontak keluarganya. Di iPad aku masuk pesan: “10 menit lalu, Bang Benny wafat. Kali ini meninggal beneran bukan hoax. Dari Pak Roelandi. Penggemar Panbers yg sampai ketika ini majaner dan keluarga Panbers,” pungkas dia.

Porbenget Mimbar Mual Hamonangan Pandjaitan atau yg dikenal sebagai Benny Panjaitan menghembuskan nafas terakhirnya pada Selasa pagi ini dalam usia 70 tahun.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin