“Benyamin Biang Kerok” Hadir Berbeda

Jakarta – Film “Benyamin Biang Kerok” yg sempat menghiasi layar kaca era 1970-an mulai kembali hadir di tengah penonton, namun dalam versi yg berbeda karena menyesuaikan dengan perkembangan masa kini.

“Benyamin, di sini berada zaman sekarang yg melek teknologi, gadget-able, berpikiran sangat visioner, interpretasi baru soal Betawi,” ujar sutradara Hanung Bramantyo dalam konferensi pers di Jakarta, Sabtu.

Demi memunculkan karakter Benyamin versi zaman now, Hanung dan tim menggandeng aktor Reza Rahadian. 

“Setelah skrip jadi, diskusi sama Mas Hanung, dari awal telah fokus kepada Reza. Dia mampu memerankan apa saja. Saya percaya dia dapat memenuhi ekspektasi kami,” tutur Produser Falcon Pictures, Frederica, dalam kesempatan sama.

Bagi Reza, memerankan tokoh mendiang Benyamin adalah tantangan baru. Eksplorasi soal Benyamin tidak luput dia lakukan, sebuah prosedur umum yg dia juga lakukan pada film-film sebelumnya.

“Saya hampir tak berperan bermain di range seperti ini. Saya eksplorasi soal Benyamin. Tidak cuma menonton filmnya, tapi mencari tahu dari tiap-tiap film aku menemukan, kalau Benyamin Sueb almarhum, memang milik pola sendiri,” kata dia.

“Dari karakternya ada gimmick-gimmick tertentu yg menurut aku ikonik banget. Cara ketawanya, nyengir-nyengirnya, bentuk bibirnya, itu khas sekali,” sambung Reza.

Dia mengatakan, seperti diutarakan Hanung, selain tetap menghadirkan ciri khas Benyamin seperti dalam film-filmya, mulai ada interpretasi baru dalam karakter Benyamin dan disesuaikan dengan cerita punya Hanung.

“Tentunya ada interpretasi baru juga tentang karakter yg mencoba dimunculkan yg disesuaikan dengan ceritanya. Biang Kerok ini bukan meng-copy film yg sebelumnya, tapi milik development cerita yg baru,” kata dia. 

Kemudian, menyoal siapa nanti yg mulai memerankan tokoh penting perempuan dalam film, yg sebelumnya dimainkan aktris Ida Royani itu, Hanung belum bersedia memberikan bocoran.

“Saya melahirkan Ida Royani baru. Makanya kalian sembunyikan dulu. Dalam rangka menarik minat penonton, pertama kita masukan Reza, aktor populer yang lain Lidya Kandou, Mbak amer, komedian Komar,” kata Hanung. 

Benyamin Biang Kerok mulai tayang Maret tahun depan yg adalah bulan kelahiran mendiang Benyamin Sueb, sekaligus Reza Rahadian. Nantinya, mulai ada lanjutan film ini, yakni Biang Kerok Beruntung. 

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin