Berawal Dari Kuli Yang Pemalu, Kini Didi Suca 4 Jadi Komika Yang Lucunya Sulit Diragu

Tampil di depan publik saja butuh keberanian besar, apalagi melawak yg resikonya dianggap nggak lucu, pastinya harus lebih berani lagi. Setidaknya itulah yg dirasakan para komika. Namun siapa sangka, sebagai komika yg kini dikenal lewat Stand Up Comedy Academy (SUCA) 4, Didi ternyata dulunya sangat pemalu.

BERITA TERKAIT
  • Komika Dani Aditya kerap diminta dosen beraksi di jam kuliah
  • Komika Dani: Saya cari tawa, bukan cari kasihan
  • Apa maksud Jokowi undang pelawak ketika Setnov mundur?

“Kalau lalu tuh malu ya mau ikut (stand up comedy), udah nulis-nulis tetapi malu, ngga ada kuli juga, kebanyakan mahasiswa,” ujarnya ketika dihubungi lewat telepon pada Jumat (14/9) lalu.

Yup, tiba di komunitas stand up dan mengaku sebagai kuli bangunan nyatanya memang bukan hal gampang untuk Didi. ” Pertama kali dateng aku ngga ngaku sebagai kuli bangunan. Setelah 8 bulan ngomongin sama temen komunitas baru aku berani dan itu agak berat,” jelas lelaki yg tertarik pada stand up sejak akhir 2015 ini.

Nggak hanya profesi yg bikin Didi minder, tetapi juga usianya yg nggak muda lagi. “saya kan termasuk tua ya, udah berumur trus ngikutin anak muda, jadi agak kesulitan di situ,” ujarnya.

Kendati harus tanggung minder sebegitu besarnya, Didi nggak lantas menyerah. Ia beranikan diri buat open mic meskipun belum lucu. “Awal open mic dateng sendiri aja ke komunitas di Cimahi. Sebelum dateng ke situ aku juga udah nulis-nulis materi, udah tau teknik-tekniknya, akan berani dateng, belom lucu sih tetapi selalu aja berani mencoba sampe masuk komunitas Bandung, dapet ilmu di sana,” ujar Didi.

Satu tahun setelah open mic, ia lolos audisi kompetisi stand up di salah satu stasiun TV swasta. Tereliminasi di tengah jalan, di tahun 2018 ia malah lolos SUCA 4. Mungkinkah hanya kebetulan?

Bukan tanpa alasan jalannya selancar itu, sebab meskipun ia adalah seorang kuli bangunan, tetapi sejak dahulu Didi suka menulis. “Dari kecil aku udah suka nulis, jadi begitu tau stand up comedy trus kalian bikin cerita sendiri ya udah jadi seneng aja gitu segera pengen. Berawal dari suka nulis itu sih. Trus begitu tau ada komunitasnya jadi ngerasa hobi yg tersalurkan,” pungkas Didi.

(kpl/mag)

Sumber: http://www.merdeka.com

Post Author: admin