Dinamika Keluarga “What A Wonderful Family! 2”

Tokyo – Sutradara Yoji Yamada kembali melanjutkan cerita tentang sebuah keluarga Hirata yg terdiri dari tiga generasi beserta seluruh masalah yg mereka alami sehari-hari.
Dalam film “What a Wonferful Family!” yg pertama, Yoji mengisahkan sepasang kakek nenek yg membuat anak-anaknya kalang kabut karena berada di ambang perceraian. 
Pada sekuelnya, beberapa tahun sudah berlalu sejak Shuzo dan istrinya Tomiko nyaris berpisah. Mereka tinggal serumah bersama anak pertama, menantu serta dua cucunya. 
Meski telah lanjut usia, Shuzo masih senang menyetir mobil buat berjalan-jalan di luar rumah. Khawatir setelah melihat keadaan mobil yg baret-baret, keluarganya takut Shuzo suatu ketika mengalami kecelakaan dulu lintas. Mereka berusaha membuat Shuzo berhenti menyetir mobil, tetapi itu berujung pada perdebatan alot.
Shuzo menganggap perhatian keluarganya itu sebagai bentuk pengekangan dan ocehan rewel yg menyebalkan.
Strategi rumit diterapkan agar pesan itu mampu sampai. Konosuke, si anak pertama, menyuruh istrinya. Tapi Fumie percaya mertuanya tidak mau mendengarkannya, dulu ia berbalik pada adik iparnya, Shigeko. Enggan diomeli ayah, Shigeko malah menyuruh suaminya yg mengalihkan tanggung jawab itu pada si bungsu Shota. Noriko, istri Shota, juga diminta menolong meyakinkan ayah mereka.
Di sisi lain, ayahnya bertemu dengan seorang teman lama yg telah lama tinggal sendirian tanpa anak dan istri, membuatnya menyadari betapa beruntungnya ia dikelilingi keluarga besar.
Film bergenre komedi ini menghadirkan deretan pemeran yg sama seperti film terdahulunya. 
Isao Hashizume menghidupkan lagi karakter Shuzo, kakek keras kepala yg gemar beradu mulut dengan anak-anaknya.  Kazuko Yoshiyuki berperan jadi Tomiko yg dalam film ini tak banyak muncul karena dikisahkan sedang berlibur ke Eropa buat melihat aurora.
Masahiko Nishimura menjadi Konosuke, anak pertama yg berperangai mirip ayahnya sehingga mereka jarang dapat akur. Istrinya, Fumie (Yui Natsukawa) adalah yg mengurus semua tetek bengek rumah tangga. Fumie sangat peduli pada mertuanya, dia salah satu orang yg berkeras agar Shuzo berhenti menyetir mobil sendiri.
Tomoko Nakajima berperan sebagai Shigeko, anak kedua yg tegas dan lebih galak. Shigeko bersuamikan Taizo (Shozo Hayashiya), tipikal “suami takut istri” yg membuat posisi Shigeko seakan lebih superior. Sementara pasangan terakhir adalah Shota (Satoshi Tsumabuki) dan Noriko (Yu Aoi). Shota adalah putra bungsu dari Shuzo-Tomiko yg baru saja melepas masa lajang.
Dinamika hubungan dari anggota keluarga Hirata mengundang banyak tawa ditambah dialog-dialog kocak serta beberapa adegan slapstick yg terasa pas.
“What a Wonderful Family 2” memperlihatkan bahwa terus ada pahit dan manis dalam keluarga, namun pada akhirnya mereka adalah orang-orang yg mampu diandalkan di saat-saat terberat. 
Film ini ditayangkan dalam program Japan Now di Festival Film Internasional Tokyo (TIFF) 2017.

Editor: Ida Nurcahyani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin