Festival Pulau Hiri Dijadikan Agenda Tahunan

Ternate – Festival Pulau Hiri yg digelar di Pulau Hiri, Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) tanggal 16-23 September 2017, mulai dijadikan agenda tahunan, buat menarik minat wisatawan berkunjung ke daerah ini.

Wali Kota Ternate, Burhan Abdurrahman ketika membuka Festival Pulau Hiri di Kelurahan Faudu, Pulau Hiri, Sabtu, menyampaikan Pemkot Ternate mulai mengalokasikan anggaran melalui APBD bagi mendukung pelaksanaan festival itu setiap tahunnya.

Sektor pariwisata yaitu salah sesuatu sektor prioritas di Kota Ternate, oleh karena itu Pemkot Ternate mulai terus memberikan dukungan terhadap setiap kegiatan yg bisa memberi kontribusi untuk kemajuan sektor pariwisata daerah ini, seperti penyelenggaran Festival Pulau Hiri tersebut.

“Pemkot Ternate memberi apresiasi kepada masyarakat Pulau Hiri yg memprakarsai penyelenggaraan Festival Pulau Hiri ini dan ke depan diharapkan bisa memberi kontribusi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat, khususnya dari aktivitas usaha kepariwisataan,” katanya.

Pemkot Ternate mulai membenahi berbagai infrastruktur di Pulau Hiri, termasuk infrastruktur yg terkait dengan kepariwisataan guna memberi kenyamanan kepada masyarakat dan wisatawan yg berkunjung ke pulau yg letaknya sekitar 2 mil dari Pulau Ternate itu.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat Pulau Hiri, Ahmad Rakib menyampaikan penyelenggaraan Festival Pulau Hiri tersebut, selain bagi kepentingan pariwisata, juga menjadi momentum bagi menghidupkan kembali berbagai kearifan lokal yg akan ditinggalkan di daerah itu.

Kearifan lokal itu di antaranya tradisi babari atau gotong royong, menangkap ikan dengan memakai layangan, memberi kesempatan laut beristrahat atau pantang menangkap ikan di waktu tertentu dan bersih laut.

“Semua kearifan lokal tersebut mulai di tampilkan pada penyelenggaraan Festival Pulau Hiri tahun 2017 ini, sehingga diharapkan mampu menjadi dorongan buat masyarakat setempat buat melestarikannya kembali,” katanya.

Pada Festival Pulau Hiri tersebut, juga ditampilkan berbagai kegiatan lainnya, seperti penampilan tarian soya – soya massal, parade perahu hias tradisional dan berbagai lomba kebarihan, seperti lomba dayung perahu tradisional.

Editor: Unggul Tri Ratomo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin