Ini Alasan Kenapa ‘Levels’ Avicii Adalah Salah Satu Lagu Terbaik Sepanjang Masa

Avicii adalah seorang inovator pop yg membawa Dance Music menjadi mainstream, rasanya para penikmat musik elektronik dapat sepakat dengan hal tersebut. Lewat sound khas miliknya yg inovatif, Avicii seolah membuka pintu untuk para artis Dance Music yang lain bagi mengejar dan mewujudkan mimpi kreatif mereka.

BERITA TERKAIT
  • Kenang Avicii, Diplo: musikmu mulai selalu hidup selamanya
  • Avicii meninggal dunia di Oman dalam usia 28 tahun
  • Ditelepon Reza Rahadian, BCL sempat tidak yakin Deddy Sutomo meninggal

Tidak mampu dipungkiri pula seandainya Avicii di masa jayanya berhasil merilis sederet lagu hits dan massive di segala dunia. Dalam waktu singkat, musiknya pun langsung menjadi inspirasi dan memberi pengaruh terhadap perkembangan Dance Music. Tapi seperti dilansir dari Billboard, Avicii memiliki satu track yg dapat menjadi anthem buat para penikmat musik elektronik, Levels.

Mengingat pengaruh besar dan inspirasi yg ia berikan sebelum meninggal dunia, kali ini ada beberapa alasan kenapa Levels layak disebut sebagai salah satu lagu terbaik sepanjang masa. Mari kalian simak sama-sama di bawah ini.

1. Versi Penuh Levels

Ketika pertama kali dirilis, nama Avicii langsung mencuri perhatian dengan durasi waktu 3:20. Yap, itulah durasi lagu Levels yg diputarkan oleh radio dan membuatnya berhasil meraih posisi 40 di Billboard Hot 100 pada Februari 2012 silam. Nyatanya, versi asli dari Levels memiliki durasi mencapai 5:39. Apakah enak? Well, jauh lebih baik dari versi rilisnya.

2. Tak Terduga

Ketika mendengarkan Levels, mencoba perhatikan momen di mana melodi synth dan beat yg awalnya terasa kencang yg akan menurun. Momen hook segera terasa saat echo dimainkan berulang-ulang dan drum benar-benar hilang. Setelah itu vokal yg muncul secara tiba-tiba saat sound dari nada tinggi yg menghilang pun memberikan sensasi tersendiri.

3. Vocal Sample

Avicii bukan satu-satunya DJ yg menggunakan sample vokal dari lagu klasik Etta James di tahun 1962, Something’s Got A Hold On Me. Namun kuatnya sound yg ditawarkan serta warna dari synth sukses membuat vokal yg ditawarkan terasa sangat maksimal meskipun cuma muncul dalam waktu singkat.

4. Judul

Benar, kata Levels yg menjadi judul tak mulai kamu temukan dalam lirik lagunya. Namun seandainya mengingat komposisi musik khas Avicii, rasanya jelas seandainya lagu ini memang bercerita tentang musik dengan tahap nada yg selalu berjalan menuju tingkat yg lebih tinggi hingga kembali ke nada yg rendah dan benar-benar hilang. Cerdas? Tidak, Avicii layak disebut jenius.

5. Cocok Digabungkan Dengan Musik Lain

Tidak lama sejak dirilis, Levels langsung menjadi hype baru dan mencuri perhatian dunia. Menariknya, track Avicii yg satu ini juga terasa nikmat saat digabungkan dengan musik lain. Hasilnya seperti salah satu video yg diunggah di YouTube, di mana Levels digabungkan dengan Somebody I Used To Know dari Gotye feat. Kimbra.

6. Festival

Jika kamu mengira Levels cuma terasa nikmat saat didengarkan dalam ruangan berskala kecil seperti club atau bahkan kamar, salah besar. Ya, Levels sendiri terasa lebih mengagumkan saat dimainkan dengan dukungan sound yg lebih besar pada level festival. Bukan hanya itu saja, Levels juga mampu menjadi track pembuka bagi mengajak para partygoers bagi merapatkan barisan dan akan mengikuti alunan musik yg ada.

7. Begitu Juga Pernikahan

Dalam acara resepsi pernikahan, tentu ada ketika di mana orang-orang saling berkumpul dan mengobrol. Nyatanya Levels pun masih terdengar seru buat mengiringi momen-momen seperti itu dengan volume yg tak terlalu kencang tentunya.

Levels adalah salah satu lagu terbaik Avicii yg dapat menjadi anthem buat setiap situasi dan generasi. Tentu saja seandainya melihat pengaruh besar yg muncul dari single ini, rasanya Levels layak buat masuk dalam jajaran lagu terbaik sepanjang masa.

(bil/ntn)

Sumber: http://www.merdeka.com

Post Author: admin