Jangan Marah-marah Sebelum Tidur

Jakarta – Pertengkaran tak terelakkan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi tahukah Anda kalau perasaan marah tidak cuma mampu mempengaruhi hubungan dengan sesama tetapi juga dapat merusak tidur.


Parah ilmuwan dari Iowa State University menemukan bahwa orang pemarah atau sulit buat menjaga emosi tak tidur senyenyak orang yg lebih bahagia.
Sebanyak 436 partisipan dibagi menjadi tiga kelompok tergantung dari bagaimana cara mereka menghadapi rasa marah. 
Berdasarkan kuesioner, mereka dimasukkan ke dalam tiga kategori: orang yg memendam emosi, orang yg meluapkan emosi dan orang yg dapat mengontrol emosi. 
Pola tidur setiap orang di pantau selama sepekan. 
Hasilnya, orang yg memendam emosi cenderung tak tidur senyenyak mereka dari kategori lain. 
Menurut studi, hal ini mampu disebabkan karena orang-orang itu tetap memikirkan masalahnya sehingga mereka sulit merasa tenang bagi dapat beristirahat.

Selain itu, alasan yang lain yg membuat orang marah sulit tidur adalah karena ada peningkatan aktivitas kardiovaskular yg membuat tubuh sulit beristirahat. 
Jadi, seandainya ada sesuatu yg membuat anda kesal, hal terbaik lakukan adalah menyisihkan sepuluh menit sebelum tidur buat menenangkan diri. Jika tidak, Anda dapat sulit tidur semalaman, seperti dilansir dari independent.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin