Kalibiru Berencana Tambah Wahana Dan Titik Foto Baru

Kulonprogo, 4/11 (Antara) – Wisata alam Kalibiru di Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta, diharapkan tidak mengurangi wahana wisata dan titik foto baru guna menggaet kunjungan wisatawan pada tahun depan.

Salah satu pengelola wisata alam Kalibiru, Marjono, menyampaikan setiap tahun pengelola mengganggarkan biaya buat tidak mengurangi spot atau titik foto yg dapat digunakan pengunjung buat mengabadikan momen di atas ketinggian 450 mdpl.

“Memang dianggarkan setiap tahun terlebih bagi spot foto. Karena antrenya itu di tiap spot dua sampai tiga jam,” katanya di Kalibiru, Kulonprogo, Sabtu.

Marjono menyampaikan ketika ini tersedia tujuh spot foto dan waktu antre buat dapat berfoto masih tetap sama.

“Jadi hingga ketika ini, biar ditambah banyak, tetap saja antrenya dua-tiga jam,” katanya.

Ke depannya, lanjut Marjono, pengelola juga berencana buat membangun wisata air dan trekking dengan jip. Namun, jalurnya nanti dipastikan tak mulai merusak lahan dan hutan yg jadi sumber kehidupan warga sekitar yg mayoritas bertani.

“Kami melakukan perubahan setiap tahun agar pengunjung tak jenuh. Kami juga memikirkan buat membuat wahana petualangan budaya buat turis asing seperti bertani atau petik buah,” ungkap Marjono.

Hingga awal November 2017, kunjungan wisata di Kalibiru mencapai 235.076 pengunjung. Jumlah tersebut turun signifikan dibanding kunjungan tahun sebelumnya yg mencapai 443.070 pengunjung.

Sudadi, salah satu pengelola, memperkirakan penurunan pengunjung disebabkan lantaran tumbuhnya objek wisata serupa di tempat yang lain yg menawarkan waktu tunggu lebih sebentar.

Namun, ia mengaku tak khawatir karena ia juga ingin wilayah yang lain dapat menangkap potensi wisata di wilayah masing-masing. Ia pun percaya wisata alam di Kalibiru milik keunggulan tersendiri, terlebih sebagai salah satu pendiri destinasi wisata buat pencinta fotografi dan swafoto.

“Meski menurun, tetapi pengunjung tetap ada. Kami merasa, penurunan mungkin juga terjadi karena wisatawan terbagi ke beberapa objek wisata serupa di tempat lain. Tapi kita senang kalau Kulonprogo banyak wisata. Semua mampu menangkap peluang,” katanya.

Editor: Gilang Galiartha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin