Komnas Anak Sebut Pola Asuh Nikita Mirzani Salah

Nikita Mirzani dan putri sulungnya, Loli selama ini kelihatan akrab satu sama lain. Namun ketika ini hubungan mereka tengah diterpa kabar miring. Ya, Loli sempat kabur dari rumah dan kini berada dalam pengawasan Komnas Anak. Ada dugaan seandainya persoalan dalam rumah tangga Niki yg menjadi pemicu tindakan Loli di atas.

BERITA TERKAIT
  • Kronologi Loly tidak pulang ke rumah hingga Nikita Mirzani berurusan dengan komnas anak
  • Bukan Buat Dipo Latief, Status Nikita Mirzani di IG Story Buat Mantan Suami Pertama
  • Anak baru 4 bulan, haykal kamil ingin tambah momongan?

Ketua Komnas Anak, Aris Merdeka Sirait milik analisa sendiri mengenai sikap Loli. Menurutnya, anak Niki dari suami pertamanya itu memiliki perilaku yg tak sesuai norma yg ada dalam lingkungan keluarga. Namun pihak Komnas sendiri telah memberikan suntikan berupa terapi psikologi pada Loli yg dikerjakan oleh Elizabeth alias Lizzy, ketua bidang pengaduan Komnas Anak.

“Ya jadi itu yg ingin disampaikan. Yang jelas tadi ada pengakuan ya, pengakuan bersama-sama bagi memperbaiki pola asuh yg tentu ini juga menjadi pelajaran kepada keluarga-keluarga di Indonesia ya, karena ketika ini sudah terjadi tsunami teknologi yg mengakibatkan perilaku-perilaku seperti anak yg berinisial L ini memiliki perilaku yg tak sesuai dengan norma-norma yg ada dalam lingkungan keluarga. Tetapi dia tak berdiri sendiri, karena ada kontribusi juga pola pengasuhan yg salah ya,” jelas Aris saat ditemui di Komnas Anak, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Kamis (31/5).

“Itu apa yg kalian tangkap dari kami, termasuk hasil interview psikolog Lizi tadi yg mau mempersatukan kembali, itu yg dikatakan tadi bagaimana coba ada terapi keluarga supaya mengembangkan fungsi keluarga ketahanan keluarga bagi mendidik anak berinisial L itu dengan baik dan anak-anak yg lain. Oleh karena itu aku kira kami bersepakat tadi bagaimana agar terapi psikososial atau terapi psikologi bagi keluarga ini sehingga mampu mempersatukan kembali,” sambungnya.

Menurut Aris, ada yg salah dengan pola asuh Niki terhadap Loli. Terlebih lagi, bintang film COMIC 8 itu juga tidak milik banyak waktu bagi dihabiskan bersama para buah hati, mengingat kesibukannya yg padat.

“Oleh karena itu ini adalah pelajaran buat kalian segala seandainya terjadi hal-hal pola pengasuh yg salah tak ada komunikasi yg intens, tak ada pendekatan, mungkin karena kesibukan kerja atau sebagainya itu berdampak ke anak perilaku yg di remajanya ingin mencari perhatian supaya dia, ya itu tadi seperti bagaimana sebenernya seorang anak usia 11 tahun lagi ulangtahun gitu, ya itu energi remajanya itu muncul akhirnya marah dan dia mengumpulkan misal mungkin Nikita yg tidak jarang marah, dulu dua hari nggak pulang, dulu dia kerasa ketakutan itu normal saja dalam perubahan-perubahan perilaku dari anak remaja. Itu yg terjadi sebenernya hari ini,” jelas Aris lagi.

Setelah pemberitaan terkait persoalan ini mencuat, Niki dan Dipo akhirnya dipanggil bagi hadir di Komnas Anak guna menyelesaikan persoalan ini secara baik-baik. Harapannya, Niki dan Dipo dapat lebih meluangkan waktunya bagi sang buah hati ke depannya nanti.

“Nah itu untungnya tiba cepat di komnas anak dulu kemudian ibu lizi sebagai prikolog juga coba buat menetralisir. Nah kalo itu tak dikerjakan maka mulai berdampak jadi lebih negiatif lagi. Saya kira kehadiran Nikita dengan Pak Dipo ini adalah kerangka konsultasi bagaimana mengembalikan fungsi keluarga dalam inisial L anaknya ini dapat juga menyatu dalam keluarga, dalam pendidikan dan proses belajar mengajar, pola asuh yg baik berdasarkan norma-norma yg ada dalam keluarga. Kami sebutkan tadi ‘jangan ada perbedaan, soal pola pengasuhan harus sama!’ gitu. Ya tentunya (pengasuh) ibunya dong. Nah ibunya, ayahnya atau sebagainya orang terdekatnya,” pungkas Aris.

(kpl/aal/gtr)

Sumber: http://www.merdeka.com

Post Author: admin