Mangkuk Porselen China Berusia 1.000 Tahun Pecahkan Rekor Lelang

Hong Kong – Sebuah mangkuk berusia 1.000 tahun dari Dinasti Song di China terjual 37,7 juta dolar AS (sekitar Rp510,4 miliar) pada Selasa, memecahkan rekor lelang porselen Tiongkok menurut rumah lelang Sotheby’s.

Mangkuk kecil yg berasal dari tahun 960 hingga 1127 itu memecahkan rekor lelang sebelumnya sebesar 36,05 juta dolar AS (sekitar Rp488,1 miliar) pada 2014 bagi sebuah cangkir anggur Dinasti Ming yg dijual ke konglomerat Shanghai.

Penawaran dimulai dari harga sekitar 10,2 juta dolar AS (sekitar Rp138,1 miliar) dan proses lelang berlangsung selama 20 menit sebelum pemenangnya tiba melalui penawaran telepon.

Mangkuk yg semula dirancang buat mencuci sikat itu adalah contoh porselen Tiongkok sangat langka dari istana kekaisaran Dinasti Song Utara dan satu dari cuma empat benda itu berada di tangan swasta menurut pernyataan Sotheby’s yg dikutip AFP.

Penjualan mangkuk berdiameter 13 sentimeter dengan glasir biru yg bercahaya itu memecahkan rekor “lelang dunia buat keramik China” menurut rumah lelang setelah penawaran.

Hasilnya melampaui rekor yg sebelumnya dipegang cangkir porselen kecil berwarna putih dengan dekorasi lukisan berwarna ayam jantan dan betina sedang menjaga anak-anaknya yg dibuat pada masa kekuasaan Kaisar Chenghua antara tahun 1465 dan 1487.

Cangkir itu terjual tahun 2014 ke pengemudi taksi yg kemudian menjadi pemodal Liu Yiqian, salah satu orang terkaya di China. (hs)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin