Menebak Pemenang Oscar 2018 Dari Poster Iklannya

BERITA TERKAIT
  • Dulu Bikin Oscar Geger, Warren Beatty dan Faye Dunaway Hadir Kembali
  • Dulu Bikin Oscar Geger, Warren Beatty dan Faye Dunaway Hadir Kembali
  • Jelang Oscar 2018, la dihebohkan dengan 3 Billboard kontroversial

Poster film CALL ME BY YOUR NAME ini begitu penuh dengan penghargaan yg sudah diraih. Kebanyakan malah mencantumkan nama James Ivory, bahkan terdapat foto James Ivory sendiri yg yaitu penulis skenario dalam film ini. Poster film yg berkisah tentang cinta pertama remaja 17 tahun ini nampak kehabisan foto yg menarik bagi sebuah iklan. Rasanya CALL ME BY YOUR NAME tak mulai pulang dengan membawa piala Oscar.

PHANTOM THREAD

Poster iklan dari film yg berkisah tentang cinta seorang penjahit misterius ini kelihatan begitu sederhana. Tidak ada apapun yg memperlihatkan seberapa bagus film ini. Bahkan, keterangan bahwa ini adalah film terakhir dari Daniel Day-Lewis pun tak ada. Seperti yg diketahui, Daniel Day-Lewis adalah pemenang dalam kategori aktor terbaik pada Oscar 2013. Dalam poster film ini cuma terdapat sebuah gaun dan ucapan terimakasih yg disampaikan dengan detail nominasi yg diraih. Hmm, mungkinkah PHANTOM THREAD mulai memenangi salah satu kategorinya?

DUNKIRK

Christopher Nolan kelihatan begitu seksi basah-basahan dengan wetsuit dalam poster filmnya. Poster iklan dari film yg disutradari, diproduseri, sekaligus juga ditulis sendiri oleh Christopher Nolan ini, kurang lebih memiliki pesan Lihatlah perjuangan Nolan bertahan bagi mencapai kesempurnaan.

THE POST

Ada permainan semiotika yg menarik dari poster iklan film yg satu ini. Gambar Tom Hanks dan Meryl Streep memanjat tangga yg panjang dan curam, melambangkan kemungkinan bahwa siapapun yg berhubungan dengan film ini benar-benar mulai memenangkan Oscar 2018. Brilliant! Optimisme yg disampaikan dengan cerdik melalui sebuah gambar sederhana.

DARKEST HOUR

Terdapat foto pria tua berkulit putih yg menjadi fokus penting dari poster ini. Rasanya pilihan kurang tepat di tengah perjuangan para perempuan dan sutradara berkulit hitam buat berada di jajaran utama dalam perfilman Hollywood. terlebih lagi tulisan The movie we need right now terasa sangat picik.

THREE BILLBOARDS OUTSIDE EBBING, MISSOURI

Salah satu yg fakta yg cukup mengerikan dari pemilih Oscar adalah, tak setiap voters melihat segala film. Poster film yg bergenre drama kriminal ini seolah memberikan pukulan telak mulai kebiasaan tersebut. Gambar dalam poster membuat para voters berpikir Oh, inilah film tentang papan reklame yg terbakar di beberapa titik ketimbang menyangka bahwa film ini bercerita tentang papan reklame. Mungkinkah strategi ini berhasil bagi THREE BILLBOARDS OUTSIDE EBBING, MISSOURI menyabet piala Oscar?

LADY BIRD

LADY BIRD mengisi poster iklannya dengan testimonial dari berbagai figur tersohor. Namun hal tersebut malah membuat posternya kurang eye catching. Bukankah dengan menonjolkan berbagai pencapaian dari film ini lebih baik ketimbang mencantumkan testimoni sepanjang itu?

GET OUT

Poster iklan dari film ini rasanya cukup brillian dengan berbagai kutipan yg didesain apik. Bahkan beberapa kutipan cukup relevan, seperti A classical piece of old school moviemaking yg meyakinkan bahwa film ini layak buat dipertimbangkan. Nampaknya GET OUT mulai pulang dengan kemenangan.

THE SHAPE OF WATER

Tidak seperti lazimnya poster iklan, THE SHAPE OF WATER menonjolkan aspek-aspek penting yg terkandung dalam filmnya melalui kalimat-kalimat singkat. Ada tulisan Embrace life dengan latar ruang tamu yg sederhana. Ada pula Embrace strength yg dilatari dua orang perempuan dengan ras yg berbeda.

Terakhir, ada tulisan Embrace each other yg hadir dengan gambar sepasang perempuan dan monster tengah menari. Tidak ada satupun testimoni ataupun prestasi dari film ini yg ditampilkan. Jika saja THE SHAPE OF WATER ini menang, maka ia menggebrak strategi marketing film yg konvensional.

Disadur oleh Tantri Rahmawati dari The Guardian.

(kpl/mag)

Sumber: http://www.merdeka.com

Post Author: admin