“Mobil Bekas” Ismail Basbeth Mampir Di Tokyo

Tokyo – “Mobil Bekas dan Kisah Kisah dalam Putaran” karya Ismail Basbeth akhirnya mampir di ibu kota Jepang, tepatnya di Festival Film Internasional Tokyo (TIFF) 2017, Minggu (29/10) malam waktu setempat.
Cuaca hari itu kurang bersahabat, angin kencang dan hujan deras melanda Roppongi Hills hampir seharian. Namun itu tak menghalangi para penonton Jepang bagi tiba ke bioskop menonton film yg masuk dalam program Crosscut Asia ke-4 dari Japan Foundation dan TIFF.
Usai pemutaran, Karina Salim dan Cornelio Sunny menjawab beberapa pertanyaan dari para penonton yg masih ingin tahu lebih dalam soal film yg menampilkan tentang cerita berbagai manusia yg disatukan benang merah sebuah mobil bekas yg dinaiki mereka.
Ada kisah akuntan yg tidak mampu melupakan istrinya yg sudah meninggal, dahulu menganggap mobil bekas itu seperti kekasihnya sendiri, tentang pelacur yg ingin kabur dari kehidupannya, petani yg jadi korban penggusuran, suami istri yg menghabiskan malam dengan penuh kejutan, perempuan penuh kemarahan yg mencari pembunuh ibunya kemudian bertemu hantu, serta trio gadis yg  berdiskusi soal Tuhan hingga alien. 
“Filmnya dirancang dengan konsep picnic cinema, merupakan jalan-jalan sambil syuting film karena filmnya memang tak ada skripnya, kami tak mengikuti aturan filmmaking pada umumnya,” jelas Cornelio dalam sesi tanya jawab di Tokyo, Minggu jelang tengah malam.
Penonton diajak mengikuti perjalanan manusia yg bersinggungan dengan sebuah mobil bekas yg jadi metafora saksi mata yg melihat Indonesia sejak dahulu kala.
“Film ini sebenarnya catatan pribadi Ismail Basbeth tentang Indonesia dari sudut pandang ekonomi, politik, sosial dan budaya,” jelas Sunny.
Selain “Mobil Bekas dan Kisah-kisah Dalam Putaran”, Indonesia juga diwakili oleh film “Ziarah” karya B.W. Purba Negara dalam program CROSSCUT ASIA #04: What’s Next from Southeast Asia di Festival Film Internasional Tokyo 2017.

Editor: Ida Nurcahyani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin