Nggak Cuma Ngelawak, Kiky Suca 4 Ingin Sampaikan Suara Hati Para Guru Honorer

Stand up comedy nggak melulu soal lucu, ada keresahan yg turut memicu. Setidaknya, begitulah menurut Kiky, salah satu peserta Stand Up Comedy Academy (SUCA) 4. Yup, memasuki babak 24 besar, Kiky masih bertahan dan makin tunjukkan kemampuannya.

BERITA TERKAIT
  • Komika Dani Aditya kerap diminta dosen beraksi di jam kuliah
  • Komika Dani: Saya cari tawa, bukan cari kasihan
  • Apa maksud Jokowi undang pelawak ketika Setnov mundur?

Keresahan itulah yg semakin disadarinya dari waktu ke waktu. “Makin ke sini saya jadi ngerti, ternyata stand up comedy itu bukan cuma ngelawak tetapi kalian juga dapat menginspirasi orang lain. Oh dan ternyata saya mampu mengatakan opini dan suara saya sebagai guru tanpa menyakiti orang lain,” tukas wanita bertubuh tambun ini.

Yup, sebagai seorang guru honorer, tentu Kiky milik seabreg keresahan. Salah satunya, ketika ia ceritakan bagaimana gajinya yg hanya Rp 600 ribu per bulan di babak 40 besar. “Gua kuliah 4 tahun, bangga dapet gelar S.Pd, (alias) Sarjana yakin diri. Gua terlalu yakin diri dapet gaji gede ternyata gaji gue hanya 600 ribu,” tukasnya yg segera disambut tawa riuh.

Keresahan itu, sesuai dengan keresahan para guru honorer lainnya. Diakui Kiky, ia bahkan pernah mampu pesan berbunyi “Kiky tolong dong ini guru honorer daerah digajinya 3 bulan sekali, 300 ribu doang sebulan”.

Kiky lantas bertekad bagi suarakan kata hati para guru honorer, nggak hanya soal gaji. “Menyuarakan keresahan guru honorer. Yang utamanya itu. Udah gaji kalian kecil, pekerjaan kalian juga nggak tetap. Kita nggak ada pensiunan. Itu pengen saya suarain. Karena itu mewakili banyak banget orang,” ujar alumni Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini.

Nggak hanya itu, Kiky juga berupaya menampik anggapan bahwa guru harus terus sempurna. “Kiki juga mau ngeluarin, guru juga manusia biasa. Stereotype orang kan guru tuh harus gitu, ga boleh ngomong nyablak, dll. Padahal kan guru juga manusia biasa yg mampu nongkrong juga,” ujar anak didik dari Mo Sidik itu.

Keikutsertaannya terjun di dunia stand up comedy ini ternyata malah didukung oleh rekan-rekannya. “Alhamdulillah yg kontra malah ngga ada. Yang ada malah mereka ngedukung trus malah ada yg ngasih materi baru,” tutup Kiky.

(kpl/mag)

Sumber: http://www.merdeka.com

Post Author: admin