Ngropoh “Gerebek Sewu Tumpeng” Sambut Tahun Baru Hijriyah

Temanggung, Jawa Tengah – Desa Wisata Ngropoh di Temanggung menggelar tradisi “Gerebek Sewu Tumpeng” bagi menyambut tahun baru pada Kamis, bertepatan dengan 1 Muharam 1439 Hijriyah.

Setiap keluarga dari 12 dusun di Desa Ngropoh, Kecamatan Kranggan, membawa satu nasi tumpeng beserta lauk pauk ke Balai Desa Ngropoh, kemudian berjalan kaki menuju Lapangan Gumuk Sembung.

Di Lapangan Gumuk Sembung, tumpeng besar diletakkan di panggung dan para perangkat desa di sekitarnya, sementara warga duduk saling berhadapan dengan tumpeng bawaan di antara mereka.

Tokoh agama setempat memimpin doa sebelum segala warga memakan tumpeng bersama-sama.

Kepala Desa Ngropoh Haryono menyampaikan setiap 1 Muharam biasanya warga menggelar selamatan sendiri-sendiri, namun dalam beberapa tahun terakhir kegiatan itu dikerjakan bersama di lapangan.

“Melalui kegiatan ini diharapkan kebersamaan di antara warga lebih terjalin dan kegiatan ini juga bagi mendukung keberadaan Desa Ngropoh sebagai desa wisata,” katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung Woro Andijani menyampaikan kegiatan buat menyambut 1 Muharam seperti ini dapat menjadi daya tarik wisata.

“Merayakan 1 Muharam ini menjadi suatu daya tarik sendiri, banyak masyarakat yg tiba bukan cuma dari warga desa setempat. Ini suatu potensi yg harus dikembangkan buat meningkatkan kunjungan wisata, meski wisata lokal,” katanya.

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin