Pandji Luncurkan “Persisten”, Kisah Komika Tur Dunia

Jakarta – Komika Indonesia Pandji Pragiwaksono sudah launching buku terbarunya “Persisten” yg berkisah tentang cerita di balik layar tur dunia ke-4 yg dijalaninya di 24 kota di lima benua.

“Saya telah empat kali tur dunia, jadi aku ingin orang tak cuma tahu kisah manisnya, tetapi juga pahit di belakangnya,” kata Pandji dalam acara peluncuran buku “Persisten” di Jakarta Selatan, Sabtu.

Pandji yg juga dikenal sebagai penulis skenario dan penggerak kegiatan sosial tersebut juga mengungkapkan bahwa “Persisten” juga lahir buat memamerkan kegigihannya melakukan tur dunia sebagai komika Indonesia.

“Saya ingin memamerkan bahwa cita-cita itu tak boleh mengambang, jadi kalau orang mau go international bisa, tetapi harus ada usaha terus-menerus, nggak menyerah, harus persisten,” kata dia.

Sementara persistensinya dalam menyelenggarakan tur dunia yaitu pembuktian bahwa komika mampu hidup dari lawakan asalkan dia profesional dan dapat “menjual” karyanya dengan baik.

“Seratus persen kali ini tur dikerjakan dalam Bahasa Indonesia karena ini telah saatnya Bahasa Indonesia mendunia, orang Korea saja mampu terkenal pakai bahasa Korea, kenapa kalian nggak bisa?” kata dia.

Tur dunia ke-4 bertajuk “Juru Bicara” yg dikerjakan di 24 kota di 5 benua, yg dibuka di Shanghai, China, 2 April 2016 dan ditutup di Jakarta pada 10 Desember 2016.

Kisah-kisah di balik layar tur dunia itu ditulis dalam 169 halaman, diceritakan secara ringkas, namun padat berdasarkan hasil wawancara penulis pendamping Muhammad Husnil dengan Pandji dan sebelas komika Indonesia yg menjadi pembuka dalam lawakan tunggalnya.

Buku “Persisten” menandai publikasi karya ke-8 Pandji yg diterbitkan Bentang Pusaka. 

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin