Pascacedera, Jangan Takut Kembali Aktif Bergerak

Jakarta – Pernah mengalami cedera baik itu di lutut, engkel atau anggota tubuh lainnya bukan alasan buat kembali bergerak aktif.

Ahli kesehatan mengingatkan memang ada prosedur yg mesti dilalui buat memastikan anggota tubuh yg terluka dapat bersiap kembali digunakan bagi beraktivitas fisik tanpa memunculkan rasa nyeri.

Di samping itu, kini ada alat yg dapat menolong pasien dalam bentuk treadmill yg mengadopsi teknologi differential air pressure.

Teknologi ini memungkinkan berat badan terangkat hingkat 80 persen, sehingga pasien dengan perkara cedera muskoloskeletal, obesitas hingga persoalan persendian mampu melakukan aktivitas fisik.  

“Alter-G memperbaiki mobilitas dan kekuatan otot. Pasien pasca operasi yg masih menggunakan tongkat, belum dapat berjalan normal dapat menggunakannya,” ujar dr. Arinta Dewi Muharyo, tim dokter Sports & Exercise Medicine Centre Mayapada Hospital di Jakarta, Rabu.

“Terkadang orang tak mampu berlari di treadmill karena ototnya sakit, alat ini mampu bagi melatih pain free. Orang tua biasanya sangat takut jatuh, dengan alat ini pasien dapat berdiri, berjalan, tanpa takut jatuh,” imbuh dia.

Untuk memakai alat ini, seseorang harus mengenakan celana pendek khusus yg dilapisi ritsleting. Setelah itu, ambil langkah ke atas treadmill yg telah dimodifikasi dengan tambahan semacam kantung transparan, yg juga memiliki ritsleting sendiri, bagi membungkus bagian perut ke bawah. Kantung ini kedap udara.

Saat seseorang berdiri di sana, treadmill mengukur berat badannya. Di sana ada mesin memakai “teknologi unweighting” buat membuat Anda merasa ringan hingga 80 persen.

Sebelum coba alat ini, Anda harus terlebih dulu berkonsultasi dengan dokter, demi menghindari hal-hal yg tidak diinginkan terjadi.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin