Sambut Hari Pahlawan, Yuk Kenang Jasa Para Pahlawan Lewat 10 Film Ini!

Tanggal 10 November telah tinggal menghitung hari. Pasti KLovers inget dong 10 November hari apa? Yup, Hari Pahlawan. Saatnya mengingat bahwa semua kebebasan hidup kalian hari ini nggak lepas dari jasa-jasa mereka perjuangkan kemerdekaan.

BERITA TERKAIT
  • Pernah milik cita-cita jadi musisi? wajib banget nonton 10 film soal musik ini!
  • Sinopsis Film ‘A SIMPLE FAVOR’, Menguak Teka-Teki Hilangnya Blake Lively
  • Video klip lagu baru dibilang mirip Ariana Grande, ini pendapat Ayu Ting Ting

Melawan penjajah, nggak melulu pakai senjata. Segala strategi perang hingga dirikan institusi pendidikan, segala dikerjakan demi kemerdekaan, seperti yg terkisahkan dalam 10 film di bawah. Nggak ada salahnya kan kembali mengenang jasa para Pahlawan? Makanya, yuk cus kepoin ulsan singkat film-film ciamik ini!

1. Merah Putih

Kisahkan tentang 5 kadet yg jalani latihan militer di Barak Bantir-Semarang. Suatu hari kamp tempat mereka berlatih diserang oleh tentara Belanda. Semua Kadet meninggal, kecuali 4 dari mereka. Mereka lantas atur strategi bagi kalahkan pasukan Belanda.

2. Darah Garuda

Merupakan lanjutan dari film MERAH PUTIH, para kadet meneruskan perjuangannya. Kali ini mereka terhubung dengan kator pusat Jenderal Sudirman dan harus selesaikan misi rahasia di belakang garis musuh di Jawa Barat.

3. Hati Merdeka

Merupakan lanjutan dari DARAH GARUDA, film ini kisahkan nasib para kelompok pejuang ini yg harus kehilangan anggota serta ditinggalkan pimpinannya. Mereka lantas bertolak ke Bali dan berupaya tumpaskan dendam.

4. Sang Pencerah

Film ini memang kisahkan tentang sejarah terbentuknya organisasi Muhammadiyah. Namun, misi mencerdaskan bangsa yg dimiliki oleh Ahmad Dahlan dapat dibilang sebagai perjuangan bagi melepaskan diri dari belenggu penjajah, menjadi bangsa yg sadar mulai kebebasan.

5. Jenderal Soedirman

Kisahkan tentang perjuangan Jenderal Soedirman, seorang Jenderal yg menderita sakit paru-paru serta cuma milik 1 paru-paru. Agresi Militer II terjadi, presiden dan wakilnya ditangkap. Jenderal Sudirman nggak tinggal diam, dengan keadaan buruk ia lakukan perjalanan menuju arah selatan dan kabarkan pada siapa saja bahwa Republik Indonesia masih ada.

6. Battle Of Surabaya

Ceritakan tentang Musa, seorang anak penyemir sepatu yg jadi kurir para pejuang dan TKR dalam pertempuran 10 November 1945. Yup, meskipun masih remaja, Musa sudah dipercaya bagi jadi perantara surat dan kode-kode rahasia. Akankah Musa bisa selesaikan setiap pesannya dengan baik?

7. Soegija

Masih dilatarbelakangi perang kemerdekaan, Soegija turut berperan dalam hal kemanusiaan. Soegija ingin menyatukan kembali kisah-kisah cinta keluarga besar kemanusiaan yg telah terkoyak oleh kekerasan perang dan kematian. Dengan posisinya sebagai uskup, Soegija melakukan diplomasi diam-diam. Mengirim surat ke Vatikan buat mengakui kemerdekaan Indonesia.

8. Nagabonar

Film tentang perjuangan kemerdekaan yg satu ini memang terhitung lawas dan legendaris. Kisahkan tentang mantan preman yg jadi pejuang, Nagabonar, ia bergerilya turut berperang melawan pasukan Belanda. Tentu ini fiksi, ada banyak bumbu komedi yg turut menyertai.

9. Soerabaia 45

Seolah memvisualisasikan kembali perang 10 November di Surabaya, film ini mengambil perspektif kacamata rakyat biasa. Rakyat yg marah begitu tahu bahwa pasukan sekutu hendak kembalikan Indonesia pada Belanda. Mulai dari kobaran semangat oleh Bung Tomo hingga perobekan bendera Belanda ada di sini.

10. Oeroeg

Agak berbeda dari film-film di atas, OEROEG kisahkan dilema yg dihadapi oleh Oeroeg dan Johan. Oeroeg adalah seorang pasukan yg harus melawan Belanda. Sementara Johan adalah pasukan Belanda. Mereka berdua adalah sahabat kecil.

(kpl/mag)

Sumber: http://www.merdeka.com

Post Author: admin