Seribuan Warga Yogyakarta Hadiri Kenduri Ageng

Yogyakarta – Seribuan warga Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya menghadiri “Kenduri Ageng” di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Jumat, yg diselenggarakan sebagai wujud rasa syukur sudah dilantiknya Gubernur dan Wakil Gubernur DIY.

Seribuan warga yg tiba mendapatkan kesempatan bagi bersalaman segera dengan Gubernur DIY Sultan HB X didampingi istrinya, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, serta Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Paku Alam X didampingi istrinya, Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu Adipati Paku Alam.

Acara yg dimulai pada pukul 09.00 WIB itu diawali dengan doa bersama yg dipimpin oleh Mas Riyo Haji Ngabdul Juwari dari Kraton Yogyakarta. Kemudian dikerjakan pemotongan tumpeng “Sangga Buwana” oleh Sultan HB X.

Untuk mengungkapkan rasa syukur, dalam kenduri ageng ini disimbolkan melalui 10 tumpeng yg terdiri dari lima jenis tumpeng merupakan Tumpeng Sangga Buwana, Tumpeng Kendhit, Tumpeng Robyong, Tumpeng Urubing Damar dan Tumpeng Punar yg masing-masing memiliki makna tersendiri.

“Masyarakat ingin mengucapkan selamat kepada bapak gubernur dan wakil gubernur. Mereka berharap (Gubernur dan Wakil Gubernur DIY ) mampu memberikan kesejahteraan,” kata GKR Hemas di sela acara itu.

Setelah pemotongan tumpeng satu per satu warga yg tiba antre bersalaman secara tertib dengan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY.

Usai bersalaman, mereka yg tiba kemudian dipersilakan menikmati hidangan yg sudah disediakan, di antaranya empal gentong, bakso sapi, nasi merah, es dawet, serta menu lainnya.

Sri Minarsih (55), warga Gambiran, Kota Yogyakarta mengaku menghadiri acara Kenduri Ageng karena ikut merasa gembira atas dilantiknya Sultan. Ia ingin memanfaatkan momen tersebut bagi bertemu Sultan secara segera dan mengucapkan selamat.

“Saya senang bapak gubernur dilantik kembali. Semoga semakin amanah, bertugas dengan baik, dan mendengarkan aspirasi rakyatnya,” kata Sri.

Editor: Unggul Tri Ratomo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin