Stan Lee Identik Dengan Kata ‘Excelsior’, Apa Sih Artinya?

Stan Lee, penulis Marvel yg legendaris meninggal di usia 95. Para penggemar, kerabat, dan kolega mengatakan ungkapan belasungkawa dengan menyertakan kata “excelsior” dalam postingan mereka. Kata tersebut pun menjadi trending. Chris Evans yg memerankan Captain America pun menyerukan kata tersebut dalam unggahannya. Mengapa kata tersebut identik dengan Stan Lee?

BERITA TERKAIT
  • Sinopsis Film ‘SUZZANNA: BERNAPAS DALAM KUBUR’, Menguak Misteri Hantu Sundel Bolong
  • Gara-gara ujian, Prilly Latuconsina insomnia sampai jam 3 pagi
  • Jennifer Lopez Pamer Cincin Berlian Bareng Kekasih, Udah Tunangan?

Sudah sejak lama kata ini identik dengan Stan Lee. Pada pertengahan 1960-an, tak lama setelah Atlas Comics diubah namanya menjadi Marvel, Lee menulis kolom bulanan buat setiap komik terbitan Marvel. Ia menutup tulisannya terus dengan kata “Excelsior!”. Kata ini sendiri dalam bahasa latin dapat diartikan terus berupaya lebih tinggi. Stan Lee berujar kepada io9 pada 2007 bahwa ia ingin kata tersebut menjadi ciri khasnya dan tak ada pesaingnya yg berupaya menirunya.

“Aku banyak memakai ekspresi berbeda dalam tulisan-tulisanku, seperti Hang Loose, Face Front, €Nuff Said, dan saya dahulu menyadari bahwa pesaingku kemudian meniruku. Mereka memakai kata tersebut juga. Jadi, saya berencana buat memakai kata yg mereka tak tahu apa artinya atau cara pengucapannya. Dari situlah kata excelsior muncul. Syukurlah mereka tak pernah lagi menirunya,” ujarnya.

Namun, apa yg semula cuma sekadar cara supaya pesaing tak ikut-ikutan ini lantas kemudian menjadi mantra istimewa buat Stan Lee. Ia yg sudah menjadi sosok legendaris dalam dunia hiburan Amerika Serikat benar-benar mewujudkan esensi dari kata tersebut. Ia dikenal karena sudah merevolusi Marvel menjadi penerbit komik nomor wahid di AS. Ia juga dikenal sebagai sosok yg imajinatif dan terus berkembang. Ada ratusan tokoh komik yg diciptakannya.

Tak cuma itu, ia juga mengembangkan diri dengan membuat novel grafis atau bahkan opera rock superhero. Belum lagi dengan kemunculannya sebagai cameo dalam tiap film superhero yg ia ciptakan.

Stan Lee sampai kapanpun mulai dikenal sebagai sosok yg membumi karena terus menyempatkan diri ngobrol dengan para fans di acara-acara bersar Marvel. Tidak sedikit yg mengakui bahwa ia milik energi positif yg terpancar dari kepribadiannya. Bagi Lee, sepertinya excelsior bukan cuma kata yg menjadi ciri khasnya, tetapi juga menggambarkan esensi hidupnya yg selalu berkembang.

“Moto hidupklu adalah excelsior. Dari kata lama yg berarti meninggi dan maju bagi kejayaan yg lebih besar. Jadi saya selalu maju mengembagkan diri, dan seandainya waktunya harus pergi, maka terjadilah. Tidak ada yg abadi,” pungkasnya.

Selamat jalan Stan Lee. Karyamu membuat kehidupan kalian lebih berwarna.

(kpl/dka)

Sumber: http://www.merdeka.com

Post Author: admin