Stan Lee, Pencipta Para Superhero Marvel Meninggal Dunia

Stan Lee yg kami kenal sebagai bapak superhero Marvel Comics meninggal dunia di usia 95 tahun. Kepergiannya bagi selamanya ini menjadi duka yg sangat mendalam buat dunia hiburan. Berkat Stan Lee, geliat industi komik dan perfilman Hollywood menjadi lebih terasa dan juga lebih berwarna.

BERITA TERKAIT
  • Hari ayah nasional, artika sari devi beri apresiasi bagi baim
  • Bersama Kidnap Katrina, Anang Hermansyah Bius Pengunjung The 90’s Festival
  • Lagi kangen ayah? ini 12 film tentang ayah dan anak yg dijamin obati rindumu

Kabar kematian Stan Lee pertama kali didapat dari Kirk Schneck, pengacara putri
Stan Lee. Seperti dilansir oleh CNN, Stan Lee dibawa ke Cedar’s Sinai Medical
Center Senin pagi dengan memakai ambulan. Di tempat itu, Stan Lee menghembuskan nafasnya yg terakhir. Hingga berita ini dibuat, penyebab kematiannya pun belum diketahui.

Beberapa tahun terakhir, Stan Lee diketahui menderita beberapa penyakit sekaligus, di antaranya pneumonia dan gangguan penghilatan.

Stan Lee memulai karir dengan bekerja di Timely Comics pada 1939. Bertahun-tahun ia menjadi penulis, editor, dan terkadang ilustrator di tempat itu. Karena merasa bosan, ia siap bagi pindah ke tempat lain.

Saat itu, industri komik didominasi oleh DC Comics, yg mempunyai hak cipta buat tokoh Superman, Batman, WOnder WOman, dan Green Lantern. Namun, di awal tahun 60-an, Lee diminta buat membuat sebuah tim superhero demi melawan dominasi Justice League punya DC COmics. Dengan bantuan Steve Ditko dan Jack Kirby, Lee kemudian merevolusi industri komik dengan karya-karyanya.

“JIka penerbitku tak mengajakku buat membuat cerita superhero, mungkin saya
hingga ketika ini masih dikenal dengan judul komik A KID CALLED OUTLAW, THE TWO-GUN KID, atau MILLIE THE MODEL, atau apapun yg saya tulis ketika itu,” ujar Stan Lee kepada CNN di 2013.

Marvel menjadi penyegar buat industri komik ketika itu dengan tokoh-tokoh superhero
mereka yg milik kelemahan, lebih humanis, dan lebih menggambarkan kehidupan nyata. Beberapa tokoh superhero bahkan diceritakan ada di New York dengan seluruh kesehariannya sepeti membayar sewa rumah.

Beberapa nama superhero Marvel ketika itu antara yang lain Fantastic Four dengan The Thing yg suka menggerutu dan bertubuh besar dan keras seperti batu. Lalu ada Spider-Man, Hulk, Iron Man, Thor, X-Men, dan Daredevil. Para superhero ini diciptakan Stan Lee antara 1961 sampai 1964. Mereka sangat populer dan bahkan melampaui popularitas DC ketika itu.

Para tokoh ciptaannya pun menjadi judul-judul film yg selalu dinanti. Setiap dirilis, film Marvel seperti IRON MAN, SPIDER-MAN, atau THOR meraup keuntungan yg tak sedikit. Stan Lee kerap menjadi cameo dalam film-film tersebut.

Selamat jalan Stan Lee. Karyamu sudah membuat jutaan orang di dunia menjadi lebih berwarna hidupnya. Terima kasih banyak.

(kpl/dka)

Sumber: http://www.merdeka.com

Post Author: admin