Beijing Uji Coba Tiga Moda Transportasi Berbasis Rel

Beijing – Pemerintah Kota Beijing melakukan uji mencoba tiga moda transportasi umum berbeda dengan memakai rel, Rabu.

Ketiganya adalah kereta bawah tanah tanpa pengemudi (driveless subway), kereta bawah tanah levitasi magnetik (maglev subway), dan trem (West Suburb Line), menurut rencana mulai akan beroperasi pada tahun ini di wilayah barat Ibu Kota China tersebut.

Driveless subway yg dirancang bangun di dalam negeri itu mulai menghubungkan wilayah Yanhua dan Fangshan sepanjang 16,6 kilometer.

Kereta otomatis yg diberi nama Yanfang Line itu dirancang mampu melaju dengan kecepatan maksimum 80 kilometer per jam, demikian Xinhua mewartakan.

Kemudian subway maglev berkecepatan sedang mulai melaju di Jalur S1 sepanjang 10,2 kilometer, menghubungkan Distrik Mentougou dan Distrik Shijingshan.

Lalu West Suburb Line yg melintasi objek-objek wisata di wilayah baratlaut Beijing, seperti Summer Palace, Fragrant Hills, dan kebun raya menjadi kereta ketiga yg diujicobakan pada hari yg sama.

Selain melayani wisatawan dan masyarakat umum, moda transportasi ketiga itu menandai era kebangkitan kembali trem abad pertengahan setelah trem terakhir telah tak beroperasi.

Trem tersebut bisa dipacu dengan kecepatan maksimum 70 kilometer per jam, demikian laporan Global Times.

Dengan beroperasinya ketiga jalur tersebut, maka Kota Beijing memiiki 19 jalur kereta api yg panjang keseluruhannya mencapai 574 kilometer.

Sebanyak 20 jalur subway yg membentang sepanjang 350 kilometer mulai dibangun pada tahun ini. (T.M038)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin