Brasil Lepas Nyamuk Modifikasi Lawan Zika Dan Demam Berdarah

Rio de Janeiro – Ilmuwan Brasil launching angkatan baru nyamuk yg dimodifikasi secara genetik dalam perang melawan penyakit-penyakit seperti Zika, demam berdarah dan chinkungunya.

Yayasan Oswaldo Cruz (Fiocruz) merilis sebuah tahapan baru dalam memerangi demam berdarah di Rio de Janeiro dengan melepaskan spesimen nyamuk aedes aegypti dengan bakteri Wolbachia.

Bakteri tersebut bekerja dengan cara mengganggu kapasitas reproduksi nyamuk sehingga para ilmuwan berharap strategi itu pada akhirnya mampu memberantas mereka dan penyakit yg disebarkannya.

Kepala peneliti Luciano Moreira menyampaikan para ilmukan belum mulai mampu mengukur efektifitas rencana tersebut selama tiga sampai lima tahun ke depan.

Dia menambahkan, warga juga tak mampu cuma mengandalkan metode tersebut buat memerangi penyakit-penyakit yg ditularkan nyamuk.

“Orang harus menyadari bahwa mereka juga berperan, sangat penting, menjaga lingkungan, menghilangkan tempat nyamuk berkembang biak seperti wadah air,” kata Moreira.

Para ilmuwan berencana memperluas area pelepasan nyamuk tersebut secara bertahap, dengan target 10 lingkungan pada tahap awal.

Pada akhir 2018, sekitar 2 juta nyamuk yg dimodifikasi tersebut diharapkan bisa disebarluaskan, demikian Xinhua.

Penerjemah: Try Reza Essra

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin