Diplomat: AS Desak Pakistan Perlihatkan Dukungan Dalam Menghadapi Gerilyawan

Washington – Amerika Serikat berharap Pakistan melakukan tindakan cepat buat memamerkan dukungan dalam menghadapi gerilyawan di Afghanistan dan membawa Taliban ke meja perundingan, kata seorang diplomat senior kepada wartawan pada Jumat (27/10).

Washington sangat berharap menyaksikan langkah praktis dari Pakistan dalam beberapa “pekan dan bulan” ke depan, kata Alice Wells, Penjabat Asisten Menteri bagi Asia Selatan di Departemen Luar Negeri AS, yg dikutip oleh media lokal.

Wells menyertai Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson dalam kunjungan selama satu minggu di Timur Tengah dan Asia Selatan, termasuk singgah di Pakistan dan India.

“Menteri menekankan pentingnya untuk Pakistan buat bertindak cepat guna memamerkan upaya dan kepercayaan baik dalam memakai pengaruhnya guna menciptakan keadaan yg mulai membawa Taliban ke meja perundingan,” kata Wells, sebagaimana dikutip Xinhua.

Awal minggu ini, sebelum persinggahannya selama beberapa jam di Pakistan, Tillerson menyampaikan di Afghanistan bahwa Pemerintah Presiden Donald Trump mulai mengupayakan hubungan “yang dilandasi atas keadaan” dengan Pakistan, pernyataan yg sudah dikecam banyak kalangan di Pakistan.

Ketua Senat negara Asia Selatan tersebut Raza Rabbani membantah pernyataan tersebut sebagai “tak mampu diterima baik”, dan menyampaikan bahwa Tillerson sudah bertindak seperti “raja muda”.

Hubungan bilateral AS-Pakistan sudah keruh dalam beberapa tahun belakangan sehubungan dengan persoalan kontra-terorisme. Dalam pidato pada Agustus, Trump mengecam Islamabad, dan menuduh negara Asia Selatan itu “menyediakan tempat perlindungan untuk pelaku kekacauan”.

Kata-kata Trump mendapat kecaman luas di Pakistan sebab kebanyakan warga di negara tersebut yakin Presiden AS itu mengabaikan pengorbanan Pakistan dalam perang melawan teror, yg merenggut hampir 73.000 nyawa.

(Uu.C003)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin