Dituduh Korupsi, 11 Pejabat Perusahaan Minyak Venezuela Ditangkap

Karakas, Venezuela – Pemerintah Venezuela sudah menangkap 11 pejabat pelaksana perusahaan minyak negara PDVSA dengan tuduhan korupsi, kata Jaksa Agung Venezuela Tarek William Saab pada Kamis (26/10).

Para pejabat tersebut ditangkap awal minggu ini dan dituduh, antara lain, menggembungkan kontrak perusahaan buat menggelapkan uang negara.

“Sebagai bagian dari penyelidikan mengenai masalah korupsi di Orinoco Oil Belt … kalian sudah melakukan 11 penangkapan dalam beberapa jam belakangan,” kata Saab dalam satu taklimat.

Sedikitnya 12 kontrak berisi penyimpangan, termasuk harga yg digelembungkan sampai 230 persen, sehingga negara menderita kerugian sampai 200 juta dolar AS, katanya.

Pada September, delapan lagi pejabat perusahaan minyak dicokok dalam perkara korupsi yg sama.

Menurut Saab, sebagaimana dilaporkan Xinhua, pendahulunya, Luisa Ortega, gagal menyelidikan penyimpangan di sektor publik saat wanita pejabat tersebut memimpin Kementerian Layanan Publik.

Luisa Ortega, anggota Partai Sosialis, yg berkuasa dan menjadi pengeritik lantang pemerintah, meninggalkan negeri itu pada Agustus, setelah ia dilucuti dari jabatannya dan para pejabat membuka penyelidikan mengenai dia dan suaminya.

“Dalam waktu kurang dari delapan pekan, kita sudah mencapai apa yg dikerjakan mantan pejabat Kementerian Layanan Publik selama 10 tahun, dan hasilnya berbicara bagi dirinya,” kata Saab.
(Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin