Emir Qatar Dan Putra Mahkota Saudi Bahas Perundingan Atasi Krisis

Riyadh – Penguasa Qatar menelepon Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman bagi mengatakan minatnya pada pembicaraan buat menyelesaikan krisis diplomatik Teluk yg telah berlangsung tiga bulan menurut siaran media pemerintah Arab Saudi pada Sabtu.

Putra mahkota “menyambut baik keinginan ini”, demikian siaran Kantor Berita Arab Saudi (SPA), menambahkan bahwa “rincian mulai diumumkan setelah Arab Saudi mencapai kesepakatan dengan Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain dan Mesir”, blok Arab yg menetapkan hubungan dengan Qtara pada Juni.

Telepon dari emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani tiba setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Kamis menawarkan buat memediasi krisis itu dengan menyampaikan bahwa dia percaya perselisihan tersebut dapat diselesaikan dengan “cukup mudah.”

Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab dan Mesir mengumumkan pada 5 Juni bahwa mereka menetapkan hubungan diplomatik dan ekonomi dengan Qatar, menuduh negara itu membiayai kelompok ekstremis dan terlalu dekat dengan Iran.

Mereka juga menutup jalur udara, maritim dan darat serta memberlakukan sanksi ekonomi terhadap Qatar.

Qatar yg kaya gas membantah klaim itu dan menuduh keempat negara tersebut menyerang kedaulatannya menurut warta kantor berita AFP.(hs)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Ikuti berita dalam topik # Krisis Diplomatik Qatar

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin