Gempa Kuat 8,4 SR Guncang Meksiko, Picu Gelombang 0,7 Meter

Jakarta – Gempa berkekuatan 8,4 skala Richter (SR) mengguncang lepas pantai Meksiko yg menyebabkan setidaknya tiga orang tewas, dan evakuasi massal serta peringatan tsunami sudah dikerjakan di semua wilayah tersebut.

Menurut The Guardian, gempa terjadi 165 kilometer sebelah barat negara bagian Chiapas sesaat sebelum tengah malam pada Kamis waktu setempat, dan disebut sebagai gempa terkuat di negara itu sejak 1985, menurut lembaga perlindungan sipil.

Tiga orang dipastikan tewas di Chiapas, kata gubernur, ketika pusat peringatan tsunami Pasifik menyampaikan gelombang setinggi 3 meter bisa menerjang pantai.

Gelombang awal tercatat di kota-kota Meksiko seperti Salina Cruz, Puerto Madero dan Huatulco antara 0,3 hingga 0,7 meter di atas permukaan air pasang.

Mereka memperkirakan gelombang antara 0,3 hingga 1 meter dapat terjadi di Kepulauan Cook, Ekuador, El Salvador, Fiji, Polinesia Prancis, Guatemala dan Kiribati.

Gelombang di bawah 0,3 meter diperkirakan bisa terjadi di negara-negara sejauh Australia, Jepang dan Vietnam. Ancaman tsunami ke Hawaii masih dalam evaluasi, kata pusat peringatan tersebut.

Di Chiapas, orang-orang meninggalkan gedung apartemen, mengenakan piama, dan berkumpul secara berkelompok di jalanan.

Sekitar tengah malam bangunan bergoyang kuat selama lebih dari sesuatu menit, mengendurkan lampu dari langit-langit rumah.

Rodrigo Soberanes, yg tinggal di dekat San Cristobal de las Casas di Chiapas, menyampaikan kepada Associated Press rumahnya “bergerak seperti permen karet” akibat gempa tersebut.

Gubernur Chiapas, Manuel Velasco, menyampaikan rumah-rumah dan pusat perbelanjaan sudah runtuh di San Cristobal.

“Saluran listrik di rumah sakit sudah terputus. Rumah, sekolah dan rumah sakit juga terdampak,” ujarnya.

Penerjemah: Try Reza Essra

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin