Iran Uji Rudal Baru

Teheran – Iran pada Sabtu (23/9) menyatakan sudah berhasil menguji mencoba rudal jarak menengah baru, menentang peringatan dari Washington bagi menghentikan kesepakatan utama mengenai persoalan ini.

Stasiun televisi pemerintah Iran menyiarkan rekaman peluncuran rudal Khoramshahr, yg pertama kali ditampilkan dalam sebuah parade militer di Teheran pada Jumat.

Televisi pemerintah dalam siarannya tak menyebut tanggal pasti dari uji mencoba itu meskipun para pejabat menyampaikan pada Jumat bahwa rudal itu mulai “segera” diuji coba.

Peluncuran rudal Iran sebelumnya sudah memicu sanksi dan tuduhan Amerika Serikat (AS) bahwa mereka melanggar semangat kesepakatan nuklir 2015 antara Teheran dan negara-negara kuat lainnya.

Presiden Donald Trump mengancam membatalkan kesepakatan nuklir tersebut, menyampaikan bahwa program rudal Iran bisa memberikan pengetahuan teknis bagi sistem pengiriman hulu ledak nuklir saat apa yg disebut sebagai sunset clause dalam kesepakatan itu berakhir pada 2025.

Dia mulai melapor ke Kongres pada 15 Oktober mengenai apakah dia percaya Iran mematuhi kesepakatan nuklir atau tidak.

Bila dia menetapkan bahwa dia tak yakin, maka itu dapat membuka jalan buat sanksi baru AS dan mungkin berakhirnya kesepakatan tersebut.

Trump pada Rabu menyampaikan bahwa dia telah membuat keputusan, tapi belum bersiap buat mengungkapkannya menurut siaran kantor berita AFP.(hs)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin