ISIS Keluarkan Video Penyanderaan Dua Warga Rusia Di Suriah

Kairo – Kelompok ISIS, Selasa, mengeluarkan video dua tentara Rusia ditangkap mereka di kota Deir al-Zor, Suriah. Inilah wilayah di sana yg militernya didukung Rusia dalam melawan ISIS.

Namun Kementerian Pertahanan Rusia membantah ada tentara mereka yg ditangkap ISIS, menurut laporan Kantor Berita Interfax. Kementerian itu dan Kementerian Luar Negeri Rusia tak langsung menjawab permintaan bagi memberikan tanggapan.

Dalam video 42 detik itu, yg disiarkan kantor berita kelompok itu, AMAQ, dua orang kelihatan sekilas di dalam ruangan dengan menggunakan jubah berwarna abu-abu.

Seorang berjanggut dan tampak diborgol. Seorang lagi tampak mengalami memar di wajahnya.

Reuters tak bisa langsung memastikan kebenaran video itu.

Pria berjanggut itu berbicara dalam bahasa Rusia, seorang lagi cuma berdiam diri, dengan tulisan bahasa Arab di video. Video itu tertanggal 3 Oktober, meski tak ada bukti yang lain yg menguatkan kapan video tersebut dibuat.

Pria berjanggut itu, berbicara kepada kamera, memberikan informasi namanya, tanggal lahirnya, dan desa tempat ia berasal di Rusia selatan. Dia kemudian menyampaikan bahwa dia ditangkap saat melakukan serangan balasan oleh kelompok ISIS.

Dia mengatakan, ketika ini berada dipenjara dengan seorang pria lagi, yg nama, tanggal lahir dan daerah asalnya juga ia sebutkan.

AMAQ melaporkan pada akhir bulan lalu, pegaris keras sudah menangkap dua warga Rusia saat mereka melakukan pertempuran di kota-kota sekitar Deir al-Zor. Kementerian pertahanan Rusia kemudian membantah adanya anggota militer yg disandera.

Berkat kekuatan udara Rusia dan milisi dukungan Iran, tentara Suriah mencapai kota Deir al-Zor pada Agustus lalu, meruntuhkan pengepungan kelompok ISIS di daerah kantong itu yg telah berlangsung selama tiga tahun.

Dengan jet-jet tempur pimpinan Amerika Serikat dan pasukan khusus, satu sekutu gabungan petempur Kurdi dan Arab sedang berusaha memerangi kelompok ISIS di sisi timur sungai Efrat, mereka juga merebut petak- petak wilayah di provinsi Deir al-Zor dari kelompok ISIS.

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin