ISIS Sudah Kehilangan 87 Persen Wilayah Yang Direbut 2014

Budapest – ISIS sudah kehilangan hampir 90 persen wilayah yg mereka kuasai tahun 2014, saat kelompok itu mendeklarasikan “kekhalifahan” yg meliputi Irak dan Suriah menurut koalisi pimpinan Amerika Serikat.

Pengumuman koalisi itu muncul pada peringatan tiga tahun pembentukan koalisi dan ketika pasukan Kurdi-Arab yg mereka dukung merebut bekas benteng ISIS di Raqa.

“Mitra kalian sudah menyingkirkan ISIS dari 87 persen wilayah yg pernah mereka kuasai dan membebaskan lebih dari 6,5 juta orang,” kata juru bicara koalisi Ryan Dillon di media sosial pada Selasa (17/10).

Menyerang dari sejumlah benteng yg mereka konsolidasikan di Irak dan terutama di Suriah yg dilanda perang, organisasi yg menamai diri “ISIS” itu menyapu jantung Sunni Arab Irak pada Juni 2014 dan menaklukkan sekitar sepertiga dari wilayah tersebut.

Dalam sebuah pernyataan terpisah, koalisi yg dibentuk setelah mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama mengirim pesawat tempur ke Irak bagi menghentikan pembantaian ISIS terhadap minoritas Yazidi itu menyampaikan bahwa mereka sudah melatih hampir 120.000 tentara di Irak dan lebih dari 12.000 tentara di Suriah.

mereka memperkirakan 3.000 hingga 7.000 anggota ISIS masih aktif di kedua negara itu.

“ISIS kalah dalam seluruh hal. Kami sudah menghancurkan jaringan mereka dan menyingkirkan pemimpin-pemimpin mereka di segala tingkatan,” kata Dillon sebagaimana dikutip kantor berita AFP.(hs)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin