Kebakaran Hutan California Sudah Tewaskan 43 Orang

Los Angeles – Jumlah korban tewas akibat kebakaran hutan di California, Amerika Serikat, bertambah menjadi 43 orang, setelah seorang gadis 17 tahun yg mengalami luka bakar parah akhirnya meninggal di rumah sakit, kata pejabat pada Senin (30/10) setempat.

Korban terkini, Kressa Shepherd (17), meninggal dunia pada Minggu di sebuah rumah sakit di daerah Sacramento, kata seorang petugas Kantor Coroner Sacramento.

Remaja tersebut dinyatakan mengalami kerusakan fungsi otak setelah menjalani operasi dan menderita serangan jantung, menurut sebuah laman penggalangan dana yg didirikan oleh kerabat kerabatnya.

Di laman tersebut dikatakan bahwa korban ditemukan menderita luka bakar parah dan terjebak di dalam kendaraan setelah keluarganya coba menyelamatkan diri dari api yg membakar rumah mereka di daerah Redwood Valley, Mendocino County pada 9 Oktober. Laman tersebut menyampaikan bahwa mobil keluarga tersebut terbakar karena mereka coba berjalan lebih cepat bagi menghindari api, memaksa mereka keluar dari kendaraan.

Saudara laki-laki Shepherd yg berusia 14 tahun, Kai, meninggal di hari kejadian, menurut laman tersebut. Kantor Sheriff Mendocino County kemudian melaporkan penemuan jasadnya. Orang tua mereka juga dilaporkan menderita luka bakar parah, menurut media setempat.

Juru bicara pihak keluarga tak bisa langsung dihubungi bagi diminta menberikan tanggapannya.

Dengan meninggalnya Kressa Shepherd, tidak mengurangi jumlah korban tewas keseluruhan menjadi 43 orang, termasuk seorang petugas pemadam kebakaran, menandai peristiwa kebakaran hutan dengan korban tewas terbesar di California.

Jumlah itu jauh melampaui korban tewas akibat kebakaran Taman Griffith di Los Angeles pada 1933 dengan jumlah korban 29 orang dan 25 korban jiwa dari badai di Oakland Hills pada 1991.

Sejumlah titik kebakaran hutan, yg digerakkan angin, terjadi pada 8 Oktober 2017 di California dan menghanguskan sedikitnya 99.148 hektare lahan di sejumlah daerah utara pantai San Francisco.

Diperkirakan, 100.000 orang mengungsi beberapa ketika setelah api membakar wilayah lingkungan sekitar tempat tinggal mereka.

Sekitar 8.900 tempat tinggal dan bangunan yang lain terbakar, termasuk segala subdivisi di kota Santa Rosa, wilayah Sonoma County, yg mengalami kerugian terbesar.

(Uu.Aulia/KR-AMQ)

Editor: Gilang Galiartha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin