Kebakaran Hutan Tewaskan 39 Orang Di Portugal Dan Spanyol

Lisabon/Madrid – Sedikitnya 39 orang tewas akibat kebakaran yg melanda lahan pertanian dan hutan di Portugal dan Spanyol, sejak Minggu (15/10).

Sebanyak 36 korban tewas terjadi di Portugal, sedangkan tiga korban tewas lainnya di Spanyol.


Petugas pemadam kebakaran tengah berjuang mengatasi 50 titik kebakaran di Portugal dan sejumlah titik di Spanyol. Pemerintah Portugal meminta bantuan internasional dan mengumumkan kondisi darurat di wilayah utara Sungai Tagus, sekira separuh luas wilayah daratannya.

Amukan api melanda pedesaan Iberia yg tengah mengalami musim panas luar biasa dan awal musim gugur, diperbesar oleh angin kencang yg ditinggalkan hembusan Badai Ophelia yg menyapu daerah pesisir.

Tayangan televisi memamerkan kondisi desa yg terlantar dengan beberapa rumah dan kendaraan dalam kondisi hangus terbakar.

Partai oposisi Portugal dan sejumlah media mengkritik keras pemerintah yg dinilai gagal mencegah gelombang kebakaran mematikan tersebut, setelah pada Juni dulu kebakaran hutan terburuk juga melanda negara tersebut dan menewaskan 64 orang.

Perdana Menteri Antonio Costa menolak bagi memecat menteri dalam negeri dan membela usaha pemerintahannya buat melakukan reformasi sistem manajemen kehutanan yg bermasalah.

“Ini adalah persoalan struktural yg kami hadapi …tidak ada waktu bagi pengunduran diri, tetapi solusi yg harus dicari. Semuanya harus berubah menjadi reformasi, bagi memberikan tanggapan terhadap kebutuhan negara agar tak terjadi lagi bencana serupa di tahun yg mulai datang,” katanya kepada wartawan setelah memberikan pidato di televisi setempat.

“Kami sadar bahwa negara menginginkan hasil terbaik dari kalian dan kami berlari melawan waktu setelah lalai selama puluhan tahun,” kata Costa kepada wartawan setelah pidatonya.

Editor: Gilang Galiartha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin