Kereta Cepat Akan Tempuh Guangzhou-Hong Kong Hanya 48 Menit

Beijing – Perjalanan dari Guangzhou, China, ke Hong Kong mulai mampu ditempuh dalam waktu 48 menit oleh kereta api cepat yg akan beroperasi pada tahun depan. Selama ini perjalanan kereta api reguler dari Hong Kong ke Guangzhou membutuhkan waktu sekitar dua jam.

Perusahaan kereta api dari Hong Kong, Mass Transit Railway (MTR), sudah menempatkan sembilan rangkaian kereta pelurunya di atas rel buat menjalani serangkaian uji coba.

Setiap rangkaian kereta api cepat tersebut terdiri dari delapan gerbong penumpang. Gerbong pertama dan kedelapan yaitu kereta kelas utama, sedangkan sisanya kelas ekonomi, demikian laporan laman resmi Pemerintah Kota Guangzhou yg dipantau Antara di Beijing, Jumat.

Bagian dalam gerbong kereta sudah dilengkapi dengan Wifi, soket pengisian daya baterai telepon seluler, lampu baca, dan ruang khusus menyusui.

General Manager Kereta Cepat MTR, Deng Weiyong menyampaikan bahwa kesembilan rangkaian kereta api yg bodinya didominasi warna putih, abu-abu, dan merah tersebut sedang menjalani uji laju dengan kecepatan 200 kilometer per jam.

“Kami berharap uji mencoba tersebut telah rampung sebelum akhir tahun ini atau sebelum akhir kuartal pertama tahun depan,” ucapnya.

Proyek kereta cepat tersebut telah rampung 95 persen dan mulai akan beroperasi pada musim gugur tahun depan.

Dalam uji mencoba tersebut, perjalanan dari Stasiun Kowloon (Hong Kong) menuju Stasiun Futian, Shenzhen (China), cuma ditempuh dalam waktu 14 menit.

Selanjutnya dari Kowloon ke Stasiun Shenzhen Barat (23 menit), Stasiun Humen (33 menit), dan Stasiun Guangzhou (48 menit).

Dengan dibukanya jalur kereta cepat tersebut, warga Hong Kong mampu melakukan perjalanan ke 16 kota besar di daratan Tiongkok, seperti Beijing, Shanghai, Wuhan, dan Chengdu.

Dengan memakai kereta api cepat itu pula, maka dari Hong Kong ke Beijing cuma membutuhkan waktu 10 jam dan ke Shanghai cuma delapan jam.

Editor: Unggul Tri Ratomo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin