Kim Jong-un Ajak Istri Dan Adik Kunjungi Pabrik Kosmetik

Seoul – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengajak istri dan adiknya mengunjungi sebuah pabrik kosmetik dalam “kunjungan lapangan” di tengah kebuntuan persoalan nuklir dengan Amerika Serikat (AS).

Selama kunjungan ke Pyongyang Cosmetics Factory di Ibu Kota, Kim memuji produksi pabrik itu sebagai produk “level dunia” yg mewujudkan “impian perempuan yg ingin menjadi lebih cantik” menurut siaran kantor berita pemerintah Korea Utara, KCNA, pada Minggu.

Menurut KCNA, Kim didampingi Kim Yo-jong, adik sekaligus anggota senior Partai Pekerja yg ketika ini berkuasa, dengan sejumlah foto memamerkan istri Kim, Ri Sol-ju yg mengenakan gaun bermotif bunga mengikutinya di pabrik itu.

Di pabrik itu, menurut KCNA, mereka melihat mosaik ayah mereka dengan tulisan “Untuk Memberi Rakyat Kita Kosmetik yg Lebih Baik”.

Ri Sol-ju dan Kim Yo-jong dianggap sebagai perempuan paling berpengaruh di Korea Utara.

Mereka kadang menemani Kim ke acara-acara resmi sejak dia berkuasa pada 2011, sebuah pelonggaran tradisi masa dulu saat istri atau adik para pemimpin jarang tampil di hadapan publik.

Ri, mantan penyanyi yg juga dikenal menyukai fesyen mewah, diketahui memiliki tiga anak dari Kim.

Yo-jong, diduga berusia 20-an tahun, awal bulan ini dipromosikan menjadi anggota pengganti di politburo – badan pembuat keputusan partai berkuasa yg diketuai oleh kakaknya.

Dikenal sebagai orang yg menangani propaganda partai, Yo-jong kelihatan mendampingi Kim.

Keduanya yaitu anak dari mendiang penguasa Kim Jong-Il dan pasangan ketiganya Ko Yong-hui, seorang penari.

Keluarga Kim sudah memerintah negara bersenjata nuklir itu selama tiga generasi sejak negara terbentuk tahun 1948.(mu)

Penerjemah: Ida Nurcahyani

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin