Korban Jiwa Akibat Wabah Kolera Di Yaman Capai 2.151

Sana’a, Yaman – Jumlah korban jiwa akibat kolera di negara yg dicabik perang, Yaman, sudah naik menjadi 2.151 orang sejak penyakit itu mewabah pada akhir April, kata Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) pada Sabtu.

Sebanyak 800.626 orang dari 22 provinsi dari total 23 provinsi di negeri itu sudah terinfeksi menurut WHO dalam pernyataan yg dibagikan kepada media lokal.

Jumlah korban jiwa sudah bertambah 24 dibandingkan dengan yg dilaporkan WHO satu minggu lalu, sedangkan perkara dugaan infeksi sudah naik 33.102.

Kebanyakan orang yg meninggal dilaporkan berasal dari Provinsi Hajjah di Yaman Utara, sementara sebagian besar masalah infeksi dilaporkan berasal dari Provinsi Hodeidah di pantai Laut Merah, keduanya dikuasai gerilyawan Syiah Al-Houthi.

Pekan lalu, Komite Palang Merah Internasional memperkirakan wabah itu mulai berdampak pada satu juta orang sampai akhir tahun ini.

Perang di Yaman, yg sudah berlangsung selama lebih dari dua-setengah tahun, sudah menghancurkan banyak sistem kebersihan dan pengairan di negeri tersebut.

Lebih dari separuh fasilitas kesehatan di Yaman tidak berfungsi, dan sebanyak 15 juta orang tidak memiliki akses ke air yg aman serta layanan kesehatan dasar.

Perang juga sudah mendorong negeri itu ke ambang kelaparan, dengan 385.000 anak diperkirakan menderita kurang gizi akut, menempatkan mereka pada risiko lebih besar bagi terserang kolera dan diare akut menurut badan-badan PBB, demikian siaran kantor berita Xinhua. (Uu.C003)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin