Korsel Siap Sambut Dunia Pada Olimpiade Musim Dingin

Praha – Korea Selatan bersiap menyambut dunia pada Olimpiade Musim Dingin 2018, termasuk para atlet dari tetangganya Korea Utara, kata kepala penyelenggara Lee Hee-Beom di Praha, hari ini.

“Korea bersiap menyambut dunia, kalian mulai menyambut semua atlet yg memenuhi syarat dan Komite Olimpiade Nasional (NOC), termasuk Korea Utara,” katanya pada meeting Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) di ibu kota Ceko, seperti dilansir AFP.

Korea Utara yg bersenjata nuklir itu terus-menerus menjadi sumber kekhawatiran menjelang Olimpiade Pyeongchang, yg mulai berlangsung dari 9 sampai 25 Februari cuma berjarak 80 kilometer dari Zona Demiliterisasi, yg dibentengi dengan ketat yg membatasi kedua negara itu.

Negara-negara termasuk Prancis dan Australia mempertimbangkan bagi tak ikut serta pada ajang ini setelah Korea Utara melakukan uji mencoba nuklir keenam pada September  yg sejauh ini yaitu yg terkuat.

Namun, Lee menegaskan bahwa Olimpiade Pyeongchang mulai menjadi “Olimpiade yg damai dan harmonis.”

“Keselamatan adalah perhatian penting (panitia penyelenggara),” katanya, sambil menambahkan bahwa Korea Selatan pernah menjadi tuan rumah sebuah lokakarya keamanan NOC minggu lalu.

“Pemerintah Korea juga telah mengatur satuan tugas khusus bagi memastikan koordinasi semua keamanan Olimpiade tersebut,” tambah Lee.

Lee juga menambahkan bahwa segala bangunan dan infrastruktur buat Olimpiade sudah siap, sedangkan kereta KTX berkecepatan tinggi dari Incheon ke Pyeongchang mulai dioperasikan pada Desember.

Penerjemah: Monalisa

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin