Kunjungan PBB Ke Rakhine Ditunda Karena Cuaca Buruk

Yangon – Kunjungan PBB ke negara bagian Rakhine di Myanmar pada Kamis (28/9) ditunda, menggagalkan upaya mengunjungi pusat aksi kekerasan itu bagi pertama kalinya sejak awal eksodus minoritas muslim Rohingya dalam jumlah besar.

PBB mendesak Myanmar buat mengizinkan akses bantuan ke beberapa wilayah utara negara bagian Rakhine sejak aksi kekerasan meletus pada akhir Agustus, memaksa sekitar 480.000 muslim Rohingya melarikan diri.

Pada Rabu, PBB menyebutkan pihaknya sudah diberi tahu bahwa perwakilannya dapat turut serta dalam kunjungan ke daerah itu pada Kamis – tapi kunjungan tersebut tak dilakukan.

“Kunjungan yg diatur pemerintah ditunda ke minggu depan karena keadaan cuaca,” ujar juru bicara dari Kantor Koordinator Residen PBB di Myanmar, tanpa memberi rincian lebih lanjut, sebagaimana dilaporkan AFP.

Akses ke area itu oleh sejumlah badan bantuan dan media global sudah dikendalikan ketat oleh tentara dan pemerintah Myanmar.

Hal tersebut tak memungkinkan mereka bagi secara independen menilai situasi HAM atau dugaan pelanggaran cukup luas.  (kn)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin