Mendagri Portugal Mundur Terkait Kebakaran Hutan

Lisabon – Menteri Dalam Negeri Portugal Constanca Urbano de Sousa mengundurkan diri, Rabu, terkait kebakaran hutan yg sudah menewaskan lebih dari seratus orang dalam empat bulan terakhir ini.

Namun, pengunduran diri itu tak terlalu membuat pihak oposisi tenang. Oposisi juga sudah mendesak agar Perdana Menteri Antonio Costa turun dari kursi jabatannya.

Kobaran api sudah melalap wilayah utara dan tengah Portugal sejak Minggu setelah musim panas yg melanda negara itu, dalam hampir 90 tahun terakhir ini, menewaskan setidaknya 41 orang serta membuat dinas pemadam kebakaran serta lembaga-lembaga penyelamat kewalahan.

Pada Juni, kebakaran hutan menjatuhkan 64 korban jiwa.

Pemerintah Portugal, yg sebenarnya sedang menikmati penerimaan tinggi atas perekonomian yg meningkat, sedang menghadapi pemungutan suara minggu depan soal ketidakpercayaan masyarakat terkait lambatnya tanggapan terhadap kebakaran serta kegagalan pemerintah dalam mencegah jatuhnya korban jiwa.

Kendati mosi tak yakin itu kemungkinan mulai tak mulai berhasil disahkan, posisi pemerintahan Sosialis itu sudah melemah di mata publik karena kebakaran tersebut. Menurut sejumlah pengulas, perombakan kabinet mungkin saja terjadi.

PM Costa, yg menyampaikan ia memiliki kepercayaan terhadap pemerintahannya, sudah menerima pengunduran diri Menteri de Sousa.

Kementerian yg dipimpin de Sousa bertanggung jawab dalam hal pemadaman kebakaran, kepolisian serta pelayanan perlindungan buat masyarakat sipil.

“Walaupun tragedi ini disebabkan banyak faktor, aku tak lagi memiliki kemampuan politik dan pribadi buat meneruskan jabatan saya,” kata de Sousa dalam pernyataan pengunduran dirinya.

PM Costa dijadwalkan melakukan meeting pada Rabu dengan Presiden Marcelo Rebelo de Sousa, yg juga dikecam karena penanganan terhadap kebakaran hutan.

Kebakaran tahun ini sudah menghanguskan 520.000 hektar hutan, merupakan 52 kali lebih luas dari Lisabon serta mewakili hampir 60 persen keseluruhan wilayah yg terbakar di segala Uni Eropa pada 2017, menurut data Uni Eropa, Rabu.

Wilayah daratan Portugal yaitu 2,1 persen dari semua daratan Eropa, demikian Reuters.

(Uu.T008)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin