Menteri Keuangan Belanda Mundur Dari Politik

Den Haag – Menteri Keuangan Belanda Jeroen Dijsselbloem menyatakan mulai mundur dari politik setelah lebih dari satu dekade berkecimpung di dunia itu, menyampaikan ia telah tak milik lagi kemampuan buat menolong Partai Buruh di kubu oposisi.

“Saya mundur dari dunia politik Belanda,” kata Dijsselbloem dalam surat yg dikirim kepada parlemen, Rabu (11/10), cuma dua hari setelah mengungkapkan bahwa dia mulai mundur dari jabatan ketua Eurogroup Januari tahun depan.

Adalah “satu kehormatan” bertugas di majelis rendah parlemen Belanda sebagai anggota Partai Buruh PvdA serta menteri kabinet, tulis dia dalam surat itu.

Namun, Dijsselbloem menyampaikan partainya “menanggung konsekuensi politik” dalam pemilu Maret karena kebijakan penghematan yg diterapkan pemerintah Belanda setelah krisis keuangan 2008.

“Belanda kembali baik, dan kami berada di peringkat teratas di Eropa dan zona euro kembali menjadi barometer perekonomian dunia… Saya bangga mulai hal itu,” ujarnya.

Namun konsekuensinya Partai Buruh kehilangan banyak dukungan pada Maret, saat perolehan kursi mereka anjlok dari 38 kursi menjadi sembilan, memaksa para kader senior partai menjadi kubu oposisi.

“Partai aku harus tetap maju dan bagi itu partai membutuhkan senjata baru. Saya sudah mengambil keputusan bahwa bagi menduduki jabatan ini, aku telah tak lagi memiliki kemampuan” yg dibutuhkan, imbuh Dijsselbloem sebagaimana dikutip AFP.

Meski keputusan itu “berat”, Dijsselbloem menyampaikan dia mulai meninggalkan politik pada 25 Oktober, sekitar waktu Perdana Menteri Mark Rutte diperkirakan membentuk kabinet baru.

“Kami mulai merindukanmu, Jeroen,” kata wakil perdana menteri Lodewijk Asscher, yg juga pemimpin partai Buruh.

Pengumuman Dijsselbloem tiba cuma sehari setelah empat partai koalisi baru, yg dipimpin oleh partai liberal VVD Rutte, meneken kesepakatan buat memerintah negeri dataran rendah bagi pada tahun-tahun mendatang.(ab)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin