Pakar CIA Sebut Kim Jong-un “sangat Rasional”

Washington – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un adalah politikus rasional dan Amerika Serikat perlu memahami itu agar bisa menangani negara bersenjata nuklir tersebut menurut informasi pakar Korea di pusat intelijen Amerika Serikat.

“Di luar gertakannya, Kim Jong-un yaitu aktor rasional,” kata Yong Suk Lee, wakil asisten direktur Pusat Misi Korea di Central Intelligence Agency (CIA) pada Rabu (4/10).
 
“Kita di negara ini memiliki kecenderungan meremehkan sikap konservatifnya,” kata dia.

“Ia ingin memerintah buat jangka waktu lama dan menutup mata di pembaringannya,” kata Lee dalam konferensi mengenai CIA di George Washington University.

Para politikus Amerika Serikat termasuk Presiden Donald Trump telah berulang kali menggambarkan Kim sebagai pemimpin yg tak rasional dan “gila”.

Namun, Lee menyampaikan fokus Kim adalah mempertahankan kekuasaan seperti yg ditunjukkan melalui pembunuhan sadis kakak tirinya Kim Jong-nam pada Februari dahulu di Malaysia, yg diduga dikerjakan oleh agen Pyongyang.

“Semua politik bersifat lokal,” kata Lee mengenai politik Korea Utara.

Sejarah panjang Korea Utara dikelilingi oleh negara-negara adidaya, membuat Pyongyang terus bersikap defensif dan Kim memanfaatkan itu.

“Korea Utara yaitu organisme politik yg berkembang berkat konfrontasi,” ujar Lee.

Namun upaya Kim mempertahankan posisi dan serangan dia terhadap Washington tak berarti ia mulai bertindak tak rasional meskipun ia sekarang memiliki kapasitas menembakkan rudal bersenjata nuklir ke Amerika Serikat.

“Bangun dan menetapkan menjatuhkan bom nuklir ke Los Angeles bukan yg dia inginkan buat bertahan,” katanya sebagaimana dikutip kantor berita AFP.(ab/)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin