Parlemen Spanyol Voting Untuk Perintah Langsung Catalonia

Madrid/Barcelona – Spanyol siap bagi memerintah segera Catalonia lewat pemungutan suara di parlemen yg berisiko memicu gejolak karena parlemen Catalonia sendiri berikrar bagi mendeklarasikan kemerdekaan.

Majelis tinggi parlemen Spanyol –Senat– dan parlemen Catalonia bertemu pukul 10 pagi waktu setempa atau 15.00 WIB tadi bagi membahas aplikasi pemerintah menyangkut Pasal 155 UUD Spanyol yg membolehkan pemerintah pusat mengambilalih daerah saat daerah melanggar konstitusi.

Langkah ini diperkirakan mulai membuat semakin keras sikap prokemerdekaan yg telah berjanji bagi melakukan pembangkangan sipil.

Krisis ini sudah memecahbelah Catalonia dan menimbulkan kemarahan besar di segala Spanyol. Tidak cuma itu, arus modal keluar dari Catalonia pun tercipta deras, sedangkan para pemimpin Eropa khawatir sentimen kemerdekaan mulai menyebar ke semua benua.

Otorisasi Sena di mana Partai Rakyat pimpinan PM Mariano Rajoy memegang mayoritas absolut, adalah langkah utama buat pemerintah buat menerapkan pemerintahan segera di Catalonia. Pemungutan suara di parlemen Spanyol ini berlangsung pukul 14.00 waktu setempat atau 19.00 WIB ini.

Rajoy mulai bertemu dengan kabinetnya bagi mengadopsi langkah pertama memerintah segera Catalonia. Ini termasuk memecat pemerintah Catalonia dan menerapkan supervisi segera terhadap polisi Catalonia, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin