Pasukan Keamanan Afghanistan Tewas Akibat “serangan Kawan”

Lashkar Gah, Afghanistan – Serangan Angkatan Udara Afghanistan terhadap pos pemeriksaan di distrik Gereshk, Provinsi Helmand, Minggu, salah tembak. Tidak ayal, sekitar 10 anggota Pasukan Keamanan Afghanistan tewas dan melukai sembilan lagi, kata pejabat setempat.

Serangan itu menghantam anggota satuan petempur khusus, dikenal sebagai Sangoryan. Mereka mengenakan pakaian biasa buat berbaur di daerah itu, tempat Taliban berkegiatan. Omar Zwak, juru bicara gubernur provinsi itu, memastikan kejadian tersebut namun tak merinci.

Peristiwa itu adalah yg terkini dalam serangkaian “serangan kawan” di Helmand, yg sebelumnya terjadi pada Juli saat serangan udara Amerika Serikat menewaskan sejumlah polisi saat bergerak di distrik Gereshk.

Dalam kejadian lain, pada Juni, setidak-tidaknya tiga polisi perbatasan Afghanistan tewas akibat pesawat militer Amerika Serikat menembaki mereka ketika bergerak di Afghanistan selatan.

Sebagian besar wilayah Helmand, provinsi penghasil opium penting Afghanistan, berada di tangan Taliban. Komandan pasukan Amerika Serikat dan Afghanistan memandang serangan udara sebagai senjata penting bagi mencegah daerah tersebut jatuh sepenuhnya ke tangan gerilyawan.

Membangun kekuatan udara Afghanistan sendiri adalah bagian utama dari rencana strategis empat tahun Presiden Ashraf Ghani dan Angkatan Udara Afghanistan terus-menerus memperkuat kemampuannya bagi memberikan dukungan kebutuhan buat pasukan darat serta serangan udara.

Namun, salah satu akibatnya adalah pertambahan jumlah korban tak disengaja akibat kecelakaan. Data PBB terbitan Juli memamerkan peningkatan 43 persen jumlah korban di kalangan warga akibat serangan udara AS dan Afghanistan di paruh pertama tahun ini.

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin