Pemantau: Serangan Kelompok ISIS Tewaskan 128 Orang Di Homs, Suriah

Beirut – Kelompok Pemantau Hak Asasi bagi Suriah menyampaikan pada Senin bahwa serangan kelompok ISIS sudah menewaskan setidaknya 128 orang di sebuah kota di Homs pusat, Suriah.

Serangan berlangsung selama tiga minggu, sebelum akhirnya tentara Suriah berhasil merebut kembali kota tersebut pada Sabtu, lapor Reuters.

Tidak ada tanggapan segera dari pejabat pemerintah Suriah atau media pemerintah terhadap laporan yg diumumkan oleh sebuah kelompok pemantau perang yg bermarkas di Inggris itu.

“Pasukan Suriah dan pasukan sekutu berhasil menguasai kembali kota al-Qaryatayn setelah menyingkirkan teroris Daesh (kelompok ISIS) yg mengendalikannya,” kata media pemerintah pada Sabtu.

Pada awal bulan ini, kelompok pemantau tersebut menyampaikan bahwa petempur ISIS sudah merebut kota itu dari pasukan pemerintah, sebagai bagian dari serangan balasan kelompok garis keras itu yg mendapat tekanan kuat di wilayah Suriah timur.

Sedikit-dikitnya 83 orang tewas dalam 48 jam, sebelum tentara Suriah merebut kembali kota tersebut, kata pemantau perang. Laporan kelompok pemantau juga menambahkan bahwa ISIS sudah menuduh warga sipil menjadi “agen rezim”.

Kota tersebut terletak hampir 300 kilometer dari Deir al-Zor, wilayah yg menjadi fokus penting serangan pasukan pemerintah ketika ini, dengan bantuan jet Rusia dan milisi dukungan Iran, dalam melawan kelompok ISIS.

(Uu.Aulia/KR-AMQ/M016)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin