Perbatasan Ditutup, Pesawat PBB Tak Dapat Kirim Bantuan Ke Yaman

PBB – Keputusan koalisi pimpinan Saudi bagi menutup perbatasan udara, laut dan darat Yaman membatasi upaya PBB bagi mengirimkan dua pesawat bantuan kemanusiaan ke negara itu, ungkap juru bicara PBB pada Senin (6/11).

Pejabat PBB sedang berunding dengan koalisi buat mendapatkan izin menerbangkan pesawat bantuan ke Yaman, tempat sekitar tujuh juta orang berada di ambang kelaparan.

“Tidak ada izin terbang bagi mengerahkan pesawat kalian hari ini,” ujar juru bicara PBB Farhan Haq, seperti dikutip AFP.

“Kami berharap ada dua penerbangan, tapi sekarang masih menunggu izin.”

Koalisi tersebut menutup perbatasan Yaman menyusul serangan rudal pada akhir minggu dari pemberontak Huthi Yaman yg dicegat di dekat bandara Riyadh.

Koalisi militer pimpinan Saudi melakukan intervensi di Yaman pada 2015 buat mendukung Presiden Abedrabbo Mansour Hadi setelah pemberontak Huthi memaksanya pergi ke pengasingan.

Koalisi tersebut dan pemberontak telah tidak jarang dikritik oleh PBB karena memblokir bantuan buat warga sipil.

PBB telah mendata Yaman sebagai negara yg didera krisis kemanusiaan nomor satu di dunia, dengan 17 juta warga yg membutuhkan makanan dan tujuh juta di antaranya berisiko kelaparan serta menderita kolera yg menyebabkan lebih dari 2.000 kematian. (kn)

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin