Polisi Inggris Tahan Tiga Pria Lagi Terkait Pemboman Kereta Di London

Newport, Wales – Kepolisian Inggris sudah menahan tiga pria di wilayah selatan Wales yg diduga terkait pemboman kereta komuter di London barat, dan kini lima orang diinterogasi oleh detektif tentang serangan yg melukai 30 orang tersebut.

Seorang pria berusia 25 tahun ditangkap pada Selasa malam di Newport, sementara dua lainnya, berusia 48 dan 30, ditahan di lokasi yang lain di kota Welsh pada Rabu dini hari, kata polisi London, lapor Reuters.

“Ini mulai jadi investigasi yg dikerjakan dengan cepat. Sejumlah aktivitas sudah terjadi sejak serangan yg terjadi pada Jumat,” ujar kepala Komando Kontra Terorisme Kepolisian London, Komandan Dean Haydon.

“Kami sekarang memiliki lima orang dalam tahanan dan pencarian mulai berlanjut di empat lokasi. Detektif melakukan penyelidikan ekstensif bagi mengetahui fakta lengkap di balik serangan tersebut,” ujarnya.

Bom rakitan tersebut meledak Jumat pada jam sibuk pagi hari di sebuah kereta di stasiun bawah tanah Parsons Green, yg menyebabkan gerbong kereta terbakar, meski tampak perangkat bom tak meledak sepenuhnya.

Pihak berwenang kemudian menaikkan tingkat ancaman Inggris ke tingkat kritis tertinggi, namun status tersebut sudah diturunkan setelah kepolisian setempat menahan dua orang pada hari Sabtu.

Dua orang yg tertangkap yaitu seorang anak berusia 18 tahun yg ditangkap di ruang keberangkatan di pelabuhan Dover pada Sabtu dan seorang tersangka lainnya, 21, ditahan beberapa jam kemudian di pinggiran wilayah barat London, Hounslow.

(Uu.KR-DVI/M016)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin