Saudi Investasi Semiliar Dolar AS Di Perusahaan Wisata Antariksa

Riyadh – Dana Investasi Publik Arab Saudi pada Kamis (26/10) mengumumkan investasi senilai satu miliar dolar AS (sekitar Rp13,6 triliun) di perusahaan wisata luar angkasa punya miliarder Inggris Richard Branson, Virgin Galactic.

Pengumuman di sela konferensi tingkat tinggi (KTT) investasi di Riyadh itu disampaikan hampir sebulan setelah pelopor Virgin Group menyampaikan bahwa dia mulai berinvestasi di proyek Laut Merah buat mengubah 50 pulau Arab Saudi menjadi tujuan wisata mewah.

“Investasi ini mulai memungkinkan kita mengembangkan peluncuran satelit generasi terbaru dan mempercepat program kita bagi perjalanan antariksa supersonik langsung,” kata Branson sebagaimana dikutip kantor berita AFP

Miliarder itu menambahkan bahwa Virgin Galactic dalam “beberapa bulan” mulai pergi ke luar angkasa membawa orang-orang dan perusahaanya yg yang lain Virgin Orbit launching satelit di sekitar Bumi.

Branson tahun dulu meresmikan pesawat luar angkasa komersial baru di California, dengan perusahaannya menekankan bahwa penerbangan luar angkasa baru mulai tersedia setelah semuanya dipastikan aman.

Upaya perusahaan menghadapi kemunduran besar saat versi pertama SpaceShipTwo hancur di atas Gunun Mojave di California pada Oktober 2014, dengan para penyidik menyalahkan pengerahan rem prematur selama uji terbang.

Investasi Arab Saudi sepertinya menjadi bagian dari kolaborasi dengan Branson, yg memuji reformasi ekonomi
dan sosial kerajaan itu yg dipelopori oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

“Saya sangat gembira tentang Arab Saudi,” kata Branson kepada Future Investment Initiative di Riyadh.

“Terakhir aku melihat ke penonton aku cuma mampu melihat lelaki. Sekarang aku melihat keluar dan menyaksikan lelaki dan perempuan duduk bersama.”

Putra Mahkota Arab Saudi yg berusia 32 tahun berada di bali reformasi sosial dan ekonomi berspektrum luas, yg juga meliputi satu dekret yg mulai mengizinkan perempuan mengemudi akan Juni tahun depan. (mr)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin