Struktur Bebatuan Kuno Misterius Ditemukan Di Gurun Saudi

Sydney – Hampir 400 struktur bebatuan kuno misterius, Rabu (25/10), teridentifikasi di gurun Arab Saudi oleh seorang peneliti Australia dengan memakai Google Earth.

David Kennedy, yg timnya telah beberapa dekade mendokumentasikan ribuan situs arkeologi di Timur Tengah, menyampaikan bahwa bangunan buatan manusia itu, yg disebut sebagai “gerbang”, diperkirakan dibangun antara 2.000 sampai 9.000 tahun lalu.

Namun, tujuan dan fungsi bangunan itu masih misterius.

“Anda tak mampu melihatnya dengan cara apa pun yg dapat dimengerti, tapi dengan satelit yg lebih tinggi, bangunan itu kelihatan berdiri kokoh,” ungkap akademisi dari Universitas Australia Barat pada Rabu dalam sebuah pernyataan.

Kennedy menyampaikan bahwa dirinya bingung ketika pertama kali melihat situs terpencil dan berbahaya itu, di area lahar gunung berapi, dengan citra satelit.

“Saya menyebutnya Gerbang karena saat Anda melihatnya dari atas, struktur itu tampak seperti pintu medan sederhana yg rata, dengan dua tiang tegak di kedua sisi, yg terhubung oleh beberapa palang panjang,” katanya.

“Bangunan itu tak tampak seperti struktur yg mampu ditinggali orang atau seperti perangkap hewan atau pun tempat buat membuang mayat. Fungsi struktur itu masih misterius.”

Penemuannya dijelaskan dalam sebuah surat kabar yg mulai dipublikasikan bulan depan di jurnal Arkeologi dan Epigrafi Arab, demikian dilaporkan AFP. (kn)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin