Sudan Ingin Selesaikan Pertikaian Dengan Sudan Selatan

Khartoum – Presiden Sudan Omar al-Bashir pada Rabu (1/11) menyampaikan kepada Presiden Salva Kiir bahwa Khartoum ingin menyelesaikan seluruh isu yg tertunda dengan Sudan Selatan, sebagai upaya buat memperbaiki hubungan, lapor kantor berita SUNA.
Pernyataan Bashir disampaikan ketika sebuah rapat dengan Kiir, yg memulai kunjungan dua harinya ke Khartoum bagi coba menyelesaikan sengketa perbatasan dan mengatasi tuduhan mendukung pemberontak satu sama lain.
Itu adalah kunjungan ketiga Kiir ke Khartoum sejak wilayah selatan yg didominasi kristiani berpisah dari utara yg didominasi muslim pada 2011, setelah perang sipil selama 22 tahun. Ratusan ribu orang tewas dalam perang tersebut.
“Sudan ingin menyelesaikan segala persoalan yg tertunda… dan mengaktivasi mekanisme politik serta keamanan guna memajukan hubungan bilateral,” kata Bashir kepada Kiir di meeting mereka, menurut SUNA seperti dikutip AFP .
“Sudan mendukung rakyat Sudan Selatan dan tetap membuka teritorialnya bagi mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Sudan Selatan, dan juga mulai meningkatkan upaya perdamaian di Sudan Selatan,” kata Bashir.
Bashir sebelumnya menyambut Kiir dan delegasinya di bandara Khartoum dan keduanya kemudian menggelar rapat bersama.(mu)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin