Tentara Suriah, Sekutu Amankan Jalan Setelah Serangan IS

Beirut – Tentara Suriah dan sekutunya mengamankan jalan penghubung Palmyra dengan Deir al-Zor, jalur pasokan penting dari wilayah pemerintah ke kota di wilayah timur, sesudah mengalahkan IS, kata satuan media Hizbullah pada Jumat.

Serangan IS, yg dimulai pada Kamis, adalah gempuran balasan besar pertama terhadap tentara Suriah dan sekutunya sejak mereka menerobos daerah terpencil buat sampai ke kota Deir al-Zor pada bulan ini.

“Tentara Suriah dan sekutunya berhasil mengamankan jalan raya penghubung Deir al-Zor dengan Palmyra setelah menggagalkan serangan gencar,” kata satuan media Hizbullah.

“Lalu lintas jalan raya itu telah aman kembali di kedua arah, menuju dan dari Deir al-Zor,” tambahya.

Hizbullah adalah salah satu sekutu penting Presiden Suriah Bashar al-Assad, bersama Rusia, Iran dan milisi Syiah lainnya.

Pada Jumat, komandan dari sekutu militer pendukung Bashar menyampaikan bahwa jalan yg menghubungkan Deir al-Zor dengan Palmyra cuma mampu digunakan dalam kondisi darurat, dan tentara serta sekutu-sekutunya tengah berusaha bagi merebut kembali bagian yg dikendalikan oleh kelompok garis keras.

IS merebut kota al-Shoula, yg dilalui jalan raya itu, dan komandan tersebut menyampaikan setidak-tidaknya 10 petempur Hizbullah tewas dalam pertempuran tersebut.

Kelompok IS menyampaikan sudah membunuh sekitar 40 tentara Suriah dan merebut sejumlah kedudukan.

Kemajuan serangan tentara Suriah terhadap Deir al-Zor, dibantu oleh militer Rusia dan milisi dukungan Iran. Mereka berhasil mematahkan pengepungan tiga tahun kelompok IS di daerah kantong wilayah yg dikendalikan pemerintah.

Kelompok Pemantau Hak Asasi Manusia Suriah menyampaikan bahwa serangan IS menewaskan lebih dari 58 tentara Suriah dan pasukan sekutu sejak Kamis, demikian Reuters.

(KR-AMQ/B002) 

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin